NURHALIMAH, SITI (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN FOCUS EXPLORE REFLECT APPLY (FERA) BERBANTUAN MEDIA CROCODILE PHYSICS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER-SITI NURHALIMAH.pdf Download (16kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN-SITI NURHALIMAH.pdf Download (166kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN-SITI NURHALIMAH.pdf Download (168kB) |
|
Text
4. ABSTRAK-SITI NURHALIMAH.pdf Download (135kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR-SITI NURHALIMAH.pdf Download (290kB) |
|
Text
6. DAFTAR-DAFTA.pdf Download (291kB) |
|
Text
7. BAB I-SITI NURHALIMAH.pdf Download (159kB) |
|
Text
8. BAB II-SITI NURHALIMAH.pdf Download (716kB) |
|
Text
9 BAB III-SITI NURHALIMAH.pdf Download (536kB) |
|
Text
10. BAB IV-SITI NURHALIMAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) |
|
Text
11. BAB V-SITI NURHALIMAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (7kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA-SITI NURHALIMAH.pdf Download (242kB) |
|
Text
13. LAMPIRAN-SITI NURHALIMAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Siti Nurhalimah. 2023. IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN FOCUS EXPLORE REFLECT APPLY (FERA) BERBANTUAN MEDIA CROCODILE PHYSICS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan pembelajaran yang cenderung berpusat pada guru sehingga kurang dapat melatih keterampilan berpikir kritis siswa pada materi gelombang bunyi. Upaya yang dilakukan peneliti untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Focus Explore Reflect Apply (FERA) berbantuan media crocodile physics. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Focus Explore Reflect Apply (FERA) berbantuan media crocodile physics terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi gelombang bunyi dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis pada siswa setelah diimplementasikan model pembelajaran Focus Explore Reflect Apply (FERA) berbantuan media crocodile physics pada materi gelombang bunyi di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Cihaurbeuti. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design, populasi penelitian ini seluruh kelas XI IPA sebanyak 7 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 250 orang, dengan teknik sampling purposive yang dipilih sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa dilakukan tes sebelum perlakuan (pretest) dan setelah diberi perlakuan (posttest) berbentuk essay dengan jumlah soal 9 butir pada materi gelombang bunyi. Soal essay tersebut mencakup 5 indikator keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat (uji normalitas, uji homogenitas), dan uji hipotesis (uji t). Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi (
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 03 Aug 2023 04:37 |
Last Modified: | 03 Aug 2023 04:37 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10259 |
Actions (login required)
View Item |