SURVEI TINGKAT LITERASI KESEHATAN SISWA SMAN KELAS XI MIPA TAHUN AJARAN 2022/2023 DI KOTA TASIKMALAYA KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BIOLOGI

FIVERIATI, MEDHIA (2023) SURVEI TINGKAT LITERASI KESEHATAN SISWA SMAN KELAS XI MIPA TAHUN AJARAN 2022/2023 DI KOTA TASIKMALAYA KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BIOLOGI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (50kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (49kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (49kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (108kB)
[img] Text
6. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (65kB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf

Download (145kB)
[img] Text
8. BAB 2.pdf

Download (241kB)
[img] Text
9. BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi kesehatan siswa SMAN Kelas XI MIPA di Kota Tasikmalaya kaitannya dengan pembelajaran biologi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif metode survei. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SMA Negeri kelas XI MIPA di Kota Tasikmalaya yang berasal dari 10 sekolah dengan total siswa sebanyak 2.151 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 325 siswa, dimana setiap sekolah diwakili oleh 1 kelas yang terpilih secara random. Pengambilan data dilakukan dengan pengisian kuesioner literasi kesehatan dan juga wawancara. Kuesioner yang digunakan dikembangkan dari kuesioner literasi kesehatan HLS�EU-SQ10-IDN yang konteksnya telah disesuaikan dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 55% siswa masuk ke dalam kategori tingkat literasi kesehatan problematic, 23% siswa termasuk dalam kategori inadaquate, 18% siswa termasuk dalam kategori sufficient, dan 4% siswa termasuk dalam kategori excellent. Kondisi ini menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki tingkat literasi kesehatan problematic, artinya siswa masih mengalami kesulitan dalam mengakses, memahami, menilai, dan menggunakan informasi kesehatan untuk mengambil keputusan yang tepat terkait permasalahan kesehatan yang dihadapinya. Berdasarkan hasil wawancara, faktor pembelajaran biologi, lingkungan, dan pengalaman pribadi dapat memengaruhi literasi kesehatan siswa. Kesimpulan penelitian ini yaitu tingkat literasi kesehatan siswa SMAN kelas XI MIPA di Kota Tasikmalaya masih rendah. Selanjutnya, perlu adanya peningkatan kualitas pembelajaran biologi baik dari cara guru dalam mengajar serta metode pembelajaran yang digunakan karena pembelajaran biologi yang terselenggara dengan baik memiliki potensi yang besar dalam menumbuhkan atau mengembangkan kemampuan literasi kesehatan siswa. Kata Kunci: Literasi Kesehatan, Pembelajaran Biologi, Siswa SMA

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 03 Aug 2023 08:17
Last Modified: 03 Aug 2023 08:17
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10244

Actions (login required)

View Item View Item