AKBAR, FAISAL (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR TENDANGAN T DAN SABIT PADA OLAHRAGA PENCAK SILAT MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (41kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (277kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (221kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (245kB) |
|
Text
5. ABSTRAC.pdf Download (29kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (319kB) |
|
Text
7. UCAPAN TERIMAH KASIH.pdf Download (93kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (31kB) |
|
Text
9. DAFTAR TABEL.pdf Download (25kB) |
|
Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (24kB) |
|
Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (24kB) |
|
Text
12. BAB I.pdf Download (118kB) |
|
Text
13. BAB II.pdf Download (211kB) |
|
Text
14. BAB III.pdf Download (161kB) |
|
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
|
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (99kB) |
|
Text
18. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
FAISAL AKBAR. 2023. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Dasar Tendangan T dan Sabit Pada Olahraga Pencak Silat Melalui Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray. Jurusan Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar teknik dasar tendangan T dan sabit pada olahraga pencak silat melalui model cooperative learning tipe two stay two stray pada siswa kelas VIII B SMPN 17 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan 2 siklus. Subjek penelitian siswa kelas VIII B SMPN 17 Kota Tasikmalaya jumlah laki laki 16 dan perempuan 15 siswa, objek penelitian ini adalah proses pembelajaran teknik dasar tendangan T dan sabit pada olahraga pencak silat melalui model cooperative learning tipe two stay two stray. Instrumen penelitian menerapkan tes observasi dan tes unjuk kerja menggunakan rubrik penilaian yang terdapat pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dimaksudkan untuk mengetahui nilai proses. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar tendangan T dan sabit pada olahraga pencak silat siswa kelas VIII B SMPN 17 Kota Tasikmalaya dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe two stay two stray. Setelah penerapan model cooperative learning tipe two stay two stray pada siswa kelas VIII B dilakukan dengan 2 siklus hasilnya sebesar 84,15 diatas Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 78. Dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran melalui model cooperative learning tipe two stay two stray terbukti dapat meningkatkan hasil belajar teknik dasar tendangan T dan sabit pada olahraga pencak silat di kelas VIII B SMPN 17 Kota Tasikmalaya. Kata Kunci : Hasil Belajar, Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray, Teknik Dasar Tendangan T dan Sabit, Pencak Silat
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 31 Jul 2023 03:10 |
Last Modified: | 31 Jul 2023 03:10 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10157 |
Actions (login required)
View Item |