Suci, Intan Permata (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENYIMPULKAN ISI GAGASAN PADA TEKS DISKUSI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 COVER PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING.pdf Download (448kB) |
|
Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (674kB) |
|
Text
03 PERNYATAAN.pdf Download (687kB) |
|
Text
04 ABSTRAK.pdf Download (524kB) |
|
Text
05 KATA PENGANTAR.pdf Download (443kB) |
|
Text
06 DAFTAR ISI.pdf Download (404kB) |
|
Text
07 DAFTAR TABEL.pdf Download (368kB) |
|
Text
08 DAFTAR DIAGRAM.pdf Download (360kB) |
|
Text
09 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (415kB) |
|
Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (192kB) |
|
Text
11 BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (488kB) |
|
Text
12 BAB 2 LANDASAN TEORETIS.pdf Download (642kB) |
|
Text
13 BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Download (945kB) |
|
Text
14 BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBELAJARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15 BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) |
|
Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (477kB) |
|
Text
17 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Intan Permata Suci. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Probing�Prompting Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Informasi dan Menyimpulkan Isi Gagasan pada Teks Diskusi (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas IX MTs Negeri 10 Ciamis Tahun Ajaran 2022/2023). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Salah satu teks yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas IX adalah teks diskusi. Kompetensi dasar yang berkaitan dengan teks diskusi adalah kompetensi dasar 3.9 Mengidentifikasi informasi teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari permasalahan aktual yang dibaca dan didengar dan kompetensi dasar 4.9 Menyimpulkan isi gagasan, pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual dalam teks diskusi yang didengar dan dibaca. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui signifikansi pengaruh model pembelajaran Probing-Prompting terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi gagasan teks diskusi peserta didik kelas IX MTs Negeri 10 Ciamis. Metode penelitian yang penulis gunakan yakni metode eksperimen semu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dan tes. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs Negeri 10 Ciamis tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini yaitu peserta didik kelas IX-F yang berjumlah 28 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas IX-G yang berjumlah 28 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata Prates kelas eksperimen sebesar 50,75 dan nilai rata-rata Pascates sebesar 90,47 dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi teks diskusi. Nilai rata-rata Prates kelas eksperimen sebesar 43,39 dan nilai rata-rata Pascates sebesar 81 dalam pembelajaran menyimpulkan isi gagasan teks diskusi. Nilai rata-rata Prates kelas kontrol sebesar 50,43 dan nilai rata-rata Pascates sebesar 87,04 dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi teks diskusi. Nilai rata-rata Prates kelas kontrol sebesar 42,93 dan nilai rata-rata Pascates sebesar 79,21 dalam pembelajaran menyimpulkan isi gagasan teks diskusi. Hasil uji wilcoxon menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig 0.000 < 0,05. Persentase pengaruh penerapan model pembelajaran Probing-Prompting di kelas eksperimen sebesar 82%. Sedangkan pengaruh model pembelajaran Discovery Learning di kelas kontrol sebesar 78%. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Probing-Prompting lebih berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi gagasan teks diskusi. Artinya, hipotesis penelitian ini diterima
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 03:43 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 03:43 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10123 |
Actions (login required)
View Item |