PRATAMA, PANJI (2023) MARKETING POLITIK MAMAT RAHMAT DARI KEPALA DESA MENJADI WAKIL KETUA PARLEMEN KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2019. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (22kB) |
|
Text
2 PENGASAHAN.pdf Download (186kB) |
|
Text
4 PERNYATAAN.pdf Download (399kB) |
|
Text
3 ABSTRAK.pdf Download (13kB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR.pdf Download (90kB) |
|
Text
6 DAFTAR ISI.pdf Download (18kB) |
|
Text
7 DAFTAR TABEL.pdf Download (7kB) |
|
Text
8 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (6kB) |
|
Text
9 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (6kB) |
|
Text
10 BAB 1.pdf Download (139kB) |
|
Text
11 BAB 2.pdf Download (321kB) |
|
Text
12 BAB 3.pdf Download (270kB) |
|
Text
13 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (535kB) |
|
Text
14 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
Text
16 LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (618kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Mamat Rahmat melakukan marketing politik baik dalam pemilihan umum maupun strategi pemenangan. Penelitian ini dilakukan di kota Tasikmalaya. Subyek utama penelitian ini adalah Mamat Rahmat selaku Wakil Ketua DPRD Kota Tasikmalaya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pemasaran politik dan tiga pendekatan pemasaran politik yaitu pemasaran dorong, pemasaran tarik dan pemasaran melalui. Selain itu, teknik pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Metodologi Penelitian yang Digunakan Dalam Penelitian Pemasaran Politik Mamat Rahmat Dari Kepala Desa Hingga Wakil Presiden DPRD Kota Tasikmalaya menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis model interaktif terstruktur analitis yaitu mempelajari sumber data, mereduksi data, dan menarik kesimpulan atau pengujian. Selanjutnya dilakukan uji validitas data dengan teknik cross-checking yang terdiri dari pengecekan reliabilitas data dan verifikasi data yang diperoleh dari beberapa sumber yang teridentifikasi estimasi. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa Mamat Rahmat menggunakan ketiga pendekatan strategis tersebut dalam pemasaran politik. Hal ini terlihat dalam kampanye Mamat Rahmat yang antara lain memberikan insentif pemilih melalui pengajian dan acara keluarga, menyeleksi influencer seperti kiyai, ustadz, dan membangun relasi dengan relasi lainnya sehingga mampu mempengaruhi opini publik untuk memenangkan masyarakat. mendukung dan juga membuat citra politik dengan karakter yang sederhana. Pada akhirnya, strategi tersebut membawa Mamat Rahmat ke posisi Anggota DPRD Kota Tasikmalaya Tahun 2019. Kata kunci : Pemilihan Umum Legislatif, Marketing Politik, Wakil Ketua
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 07:07 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 07:07 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10025 |
Actions (login required)
View Item |