PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KUNJUNG KARYA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENELAAH UNSUR-UNSUR, KEBAHASAAN, DAN MENULIS SURAT PRIBADI DAN SURAT DINAS (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

Hamidah, Ami Rahman (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KUNJUNG KARYA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENELAAH UNSUR-UNSUR, KEBAHASAAN, DAN MENULIS SURAT PRIBADI DAN SURAT DINAS (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
kelengkapan.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB I, II, III.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ami baru baru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)

Abstract

ABSTRAK Ami Rahman Hamidah. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kunjung Karya Dalam Meningkatkan Kemampuan Menelaah Unsur-Unsur, Kebahasaan, dan Menulis Surat Pribadi dan Surat Dinas (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 19 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Universitas Siliwangi. Berdasarkan Kurikulum 2013 Revisi 2016 salah satu kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik. Salah satunya kompetensi dasar kelas VII, yaitu “menelaah unsur-unsur dan kebahasaan, serta menulis surat pribadi dan surat dinas”. Hal demikian menegaskan bahwa peserta didik kelas VII harus mampu mengidentifikasi dan menelaah unsur-unsur dan kebahasaan yang dibaca dan didengar dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan, dan isi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya pendekatan komunikatif Model Pembelajaran Kunjung Karya meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran mengidentifikasi dan menelaah unsur-unsur dan kebahasaan yang dibaca dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan, dan isi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 19 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes dengan sumber data peserta didik kelas VII SMP Negeri 19 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dari siklus satu ke siklus dua. Artinya, Model Pembelajaran Kunjung Karya dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi dan menelaah unsur-unsur dan kebahasaan yang dibaca dan didengar dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan, dan isi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 19 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 24 Jan 2022 06:33
Last Modified: 24 Jan 2022 06:33
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4173

Actions (login required)

View Item View Item