Fauzi, Fahmi Rizky (2023) EVALUASI USABILITY MOBILE JKN (JAMINAN KESEHATAN NASIONAL) DENGAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE (SUS) DAN HEURISTIC EVALUATION”. Other thesis, Universitas Siliwangi.
01. Cover.pdf
Download (159kB)
02. Lembar Pengesahan TA.pdf
Download (127kB)
03. Lembar Pengesahan Penguji.pdf
Download (120kB)
04. Lembar Pernyataan Keaslian.pdf
Download (115kB)
05. Abstrak.pdf
Download (77kB)
06. Kata Pengantar.pdf
Download (132kB)
07. Daftar Isi.pdf
Download (18kB)
08. Daftar Tabel.pdf
Download (84kB)
09. Daftar Gambar.pdf
Download (8kB)
10. Daftar Persamaan.pdf
Download (81kB)
11. Daftar Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (84kB)
12. BAB I.pdf
Download (27kB)
13. BAB II.pdf
Download (604kB)
14. BAB III.pdf
Download (54kB)
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (746kB)
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (15kB)
17. Daftar Pustaka.pdf
Download (96kB)
18. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Salah satu kemajuan teknologi yang diperkenalkan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) adalah Mobile JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) yang berbasis android untuk membantu masyarakat dalam melakukan pelayanan administrasi mengenai BPJS Kesehatan. Rating playstore aplikasi Mobile JKN tercatat 4,4 dari 5 bintang. Berdasarkan ulasan pengguna pada Playstore masih terdapat keluhan seperti sulit untuk mengakses aplikasi, captcha yang terus salah walaupun sudah mengisi dengan benar, data yang salah saat daftar bisa sukses terdaftar yang berarti validitas databasenya tidak sinkron dengan data faktualnya menyebabkan pengguna merasa kurang puas terhadap aplikasi. Penelitian ini dilakukan pengukuran kualitas usability dari aplikasi dengan menggunakan metode System Usability Scale (SUS) dan heuristic evaluation. Penelitian dengan metode SUS diperoleh skor sebesar 54,75 yang didapat dari sampel yang berjumlah 100 responden. Hasil menunjukkan skor tersebut berada pada grade D yang menunjukkan bahwa responden menilai bahwa aplikasi yang dibuat tergolong baik, dari segi Net Promoter Score (NPS) menunjukkan bahwa responden bersikap detractor yang berarti pengguna merasa kurang puas terhadap usability aplikasinya. Berdasarkan hasil penelitian heuristic evaluation, ditemukan sebanyak 33 permasalahan yang didapat oleh 3 evaluator.” Temuan masalah pada kesepuluh aspek heuristic, terdapat 2 aspek yang memiliki masalah tertinggi dengan rata-rata sebesar 2 pada kategori minor yaitu aesthetic and minimalist design dan consistency and standards, 6 aspek memiliki tingkat severity rating tingkat cosmetic problem, dan hanya 2 aspek yang berkategori tidak ada masalah yaitu Match between system and the real world dan Flexibility and efficiency of use. Rekomendasi diusulkan untuk meningkatkan kegunaan aplikasi mobile JKN di masa depan. Rekomendasi yang diberikan difokuskan pada peningkatan fungsionalitas dan informasi pada kategori cosmetic problem dan minor serta kriteria Nielsen yang telah dikaitkan dengan pertanyaan SUS.
Kata Kunci : Evaluasi Usability, System Usability Scale, Heuristic Evaluation, Mobile JKN
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 08:11 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 08:11 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2787 |
