POLITICAL BRANDING DPC PARTAI GERINDRA KOTA TASIKMALAYA PADA PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2024

MADANI, DEDEN HERMAWAN (2025) POLITICAL BRANDING DPC PARTAI GERINDRA KOTA TASIKMALAYA PADA PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2024. Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of 4. MOTTO.pdf] Text
4. MOTTO.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (589kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR ISI.pdf] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (678kB)
[thumbnail of 7. ABSTRAK.pdf] Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (576kB)
[thumbnail of 8. BAB 1.pdf] Text
8. BAB 1.pdf

Download (659kB)
[thumbnail of 9. BAB 2.pdf] Text
9. BAB 2.pdf

Download (609kB)
[thumbnail of 10. BAB 3.pdf] Text
10. BAB 3.pdf

Download (621kB)
[thumbnail of 11. BAB 4.pdf] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 12. BAB 5.pdf] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (509kB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pemilihan umum merupakan momen krusial bagi partai politik untuk membangun dan mempertahankan citra di hadapan publik. Dalam konteks ini, political branding menjadi strategi penting untuk membedakan diri dari partai lain dan membentuk kedekatan emosional dengan pemilih. Penelitian ini mengkaji bagaimana DPC Partai Gerindra Kota Tasikmalaya membentuk identitas merek politiknya dalam Pemilu Legislatif 2024. Fokus utama penelitian ini adalah pada enam elemen identitas merek dalam kerangka teori Brand Identity Prism dari Jean Noël Kapferer, yaitu fisik(physique), kepribadian (personality), budaya (culture), hubungan (relationship), refleksi (reflection), dan citra diri (self-image). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan pengurus partai, pengamat politik, dan masyarakat, serta dokumentasi dan observasi langsung. Informan dipilih melalui teknik purposive dan snowball sampling. Analisis data dilakukan dengan membandingkan narasi identitas yang dibentuk oleh partai dengan persepsi masyarakat sebagai pemilih, untuk melihat sejauh mana kesesuaian antara strategi branding dan respons publik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa DPC Partai Gerindra Kota Tasikmalaya membangun identitas politik melalui kombinasi antara simbol nasionalisme, nilai religius dan kerakyatan, serta pendekatan langsung kepada masyarakat. Namun, prosesnya sepenuhnya mengikuti arahan pusat sehingga DPC hanya berperan pada tahap implementasi tanpa memiliki ide branding sendiri. Selain itu, kuatnya politik pragmatis dan hubungan yang cenderung transaksional membuat identitas yang dibangun lebih dipersepsikan sebagai strategi elektoral sesaat daripada komitmen jangka panjang yang mampu menumbuhkan loyalitas dan kesadaran politik masyarakat.

Kata Kunci: Partai Gerindra, Pemilu, Political Branding

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JC Political theory
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 10 Dec 2025 00:57
Last Modified: 10 Dec 2025 00:57
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2375

Actions (login required)

View Item
View Item