PENGARUH HYPERMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA KONSEP EKOSISTEM (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

Larasati, Lussi (2019) PENGARUH HYPERMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA KONSEP EKOSISTEM (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. COVER - DAFTAR LAMPIRAN A4.pdf

Download (638kB)
[img] Text
02. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (317kB)
[img] Text
03. BAB II LANDASAN TEORETIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
04. BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
05. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (289kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh hypermedia terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada konsep ekosistem di kelas X MIPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2018 sampai dengan bulan April 2019 di SMA Negeri 3 Tasikmalaya. Metode yang digunakan adalah True Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya sebanyak 8 kelas, dengan jumlah siswa sebanyak 288 orang. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak dua kelas yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Dengan hasil kelas X MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur hasil belajar peserta didik, digunakan instrumen berupa soal pilihan ganda belajar berjumlah 32 butir soal dan instrumen kemampuan berpikir kritis menggunakan soal uraian berjumlah 14 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji ANCOVA (Analysis of covariance) dengan α 0,05. Beradasarkan hasil pengolahan data menggunakan uji ANCOVA diperoleh signifikansi corrected model sebesar 0,000< 0,05 sehingga H₀ ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hypermedia terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hypermedia terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada konsep ekosistem di kelas X MIPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya, tahun ajaran 2018/2019. Kata Kunci : Hypermedia, Hasil Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, Ekosistem

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 15 May 2020 04:11
Last Modified: 15 May 2020 04:11
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1795

Actions (login required)

View Item View Item