PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN SUSUN KATA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 3 CIAMIS

Firlianto, Edo (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN SUSUN KATA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 3 CIAMIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (182kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (216kB)
[img] Text
3. PENGESAHAN PENGUJI.pdf

Download (171kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (204kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (198kB)
[img] Text
6. ABSTACT.pdf

Download (198kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (246kB)
[img] Text
8. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (261kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (199kB)
[img] Text
10. DAFTAR TABEL.pdf

Download (198kB)
[img] Text
11. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (193kB)
[img] Text
12. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (196kB)
[img] Text
13. BAB 1.pdf

Download (283kB)
[img] Text
14. BAB 2.pdf

Download (378kB)
[img] Text
15. BAB 3.pdf

Download (336kB)
[img] Text
16. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] Text
17. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] Text
19. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan media permainan susun kata pada pembelajaran sejarah dan pengaruh terhadap minat belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian Quasi-Experimental dengan pre-test-post-test with non-Equivalent Control-Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Ciamis. Teknik sampling menggunakan sampling purposive dengan alasan terdapat permasalahan minat belajar sehingga diperoleh sampel kelas XI IPS 1 berjumlah 26 siswa dan kelas XI IPS 2 berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan 3 cara yaitu observasi, angket, dan dokumentasi. Data yang diuji dalam uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini terlihat pada temuan di lapangan yang menunjukan adanya peningkatan mminnat belaar peserta didik ditinjau dari indikator minat belajar seperti perasaan senang, ketertarikan, keterlibatan dan perhatian siiswa. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap minat belajar siswa juga terlihat melalui hasi uji independent sampel T test dengan menggunakan alikasi SPSS versi 26 yang menunjukan nilai Asym.Sig 0.00 kurang dari 0,005 (0,00<0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari model pmebelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media permainan susun kata terhadap minat belajar siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 3 Ciamis. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Team Games Tournament, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:13
Last Modified: 18 Jul 2023 07:13
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9903

Actions (login required)

View Item View Item