YULIA, ROSANA (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ISPRING SUITE BERBASIS ANDROID DAN TERINTEGRASI WEBQUIZ KAHOOT PADA MATERI SUHU DAN KALOR. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
cover .pdf Download (12kB) |
|
Text
lembar pengesahan .pdf Download (405kB) |
|
Text
lembar pernyataan .pdf Download (632kB) |
|
Text
asbtrak.pdf Download (116kB) |
|
Text
kata pengantar.pdf Download (205kB) |
|
Text
daftar-daftar.pdf Download (382kB) |
|
Text
bab 1 .pdf Download (134kB) |
|
Text
bab 2.pdf Download (493kB) |
|
Text
bab 3.pdf Download (349kB) |
|
Text
bab 4 .pdf Restricted to Repository staff only Download (622kB) |
|
Text
bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
Text
dapus.pdf Download (238kB) |
|
Text
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Rosana Yulia. 2023. PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ISPRING SUITE BERBASIS ANDROID DAN TERINTEGRASI WEBQUIZ KAHOOT PADA MATERI SUHU DAN KALOR Berdasarkan hasil wawancara dengan pendidik fisika di SMA Negeri 6 Tasikmalaya diketahui bahwa kegiatan pembelajaran masih berpusat pada pendidik, sehingga pembelajaran berlangsung satu arah. Selain itu, nilai ulangan harian terendah pada materi fisika adalah suhu dan kalor, yaitu 53,43. Upaya yang dilakukan oleh peneliti untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan mengembangkan multimedia interaktif menggunakan Ispring Suite berbasis android dan terintegrasi Webquiz Kahoot. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan pengembangan multimedia interaktif menggunakan Ispring Suite berbasis android dan terintegrasi Webquiz Kahoot pada materi suhu dan kalor. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development (R & D) melalui model 4-D. Namun, penelitian ini dibatasi sampai tahap development, karena penelitian difokuskan untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan produk. Tahap define meliputi front-end analysis, analisis kebutuhan peserta didik, dan merumuskan indikator pencapaian kompetensi. Tahap design meliputi pembuatan outline, flowchart, storyboard, pemilihan platform pendukung, dan pemilihan jenis tulisan. Tahap development meliputi pembuatan produk, melakukan uji validasi oleh validator ahli materi dan media, serta melakukan uji kepraktisan dengan melibatkan kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3 sebagai subjek penelitian dan pendidik fisika di SMA Negeri 6 Tasikmalaya. Data hasil validasi diolah menggunakan persamaan Aiken’s, sedangkan hasil kepraktisan diolah dengan menggunakan persentase Riduwan dan Akdon. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil validasi pada ahli materi dan ahli media berturut-turut sebesar 0,94 dan 0,92 dengan kategori sangat valid, sementara rata-rata persentase kepraktisan sebesar 97,5% dengan kategori sangat praktis. Jadi, multimedia interaktif yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: ispring suite, multimedia interaktif, suhu dan kalor, webquiz kahoot.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 03:38 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 03:38 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9842 |
Actions (login required)
View Item |