PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN KOLABORASI PADA MATERI BIOTEKNOLOGI

NURIYAH, AI (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN KOLABORASI PADA MATERI BIOTEKNOLOGI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER_SKRIPSI AI NURIYAH.pdf

Download (376kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (248kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (229kB)
[img] Text
5. ABSTRAK_SKRIPSI AI NURIYAH.pdf

Download (546kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (247kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (593kB)
[img] Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (246kB)
[img] Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (437kB)
[img] Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (230kB)
[img] Text
10. BAB I_SKRIPSI AI NURIYAH.pdf

Download (503kB)
[img] Text
11. BAB II_SKRIPSI AI NURIYAH.pdf

Download (802kB)
[img] Text
12. BAB III_SKRIPSI AI NURIYAH.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB IV_SKRIPSI AI NURIYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (883kB)
[img] Text
14. BAB V_SKRIPSI AI NURIYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA_SKRIPSI AI NURIYAH.pdf

Download (411kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN_SKRIPSI AI NURIYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi pada materi bioteknologi di kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Taraju. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XII MIPA sebanyak 127 peserta didik. Teknik pengambilan sampling menggunakan teknik purposive sampling sehingga sampel pada penelitian ini sebanyak 64 peserta didik. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes dan non tes. Tes berupa soal uraian sebanyak 16 butir soal untuk mengukur keterampilan berpikir kritis. Non tes berupa angket keterampilan kolaborasi sebanyak 24 butir pernyataan untuk mengukur keterampilan kolaborasi. Teknik analisis data menggunakan uji ANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh model project based learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi dibuktikan dengan hasil perhitungan menggunakan uji ANOVA dengan perolehan nilai signifikasi kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,00. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model project based learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi peserta didik pada materi bioteknologi di kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Taraju semester genap tahun ajaran 2022/2023. Kata Kunci: Project Based Learning; Keterampilan Berpikir Kritis; Keterampilan Kolaborasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Jul 2023 03:36
Last Modified: 14 Jul 2023 03:36
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9825

Actions (login required)

View Item View Item