EFEKTIVITAS MODEL LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIK PESERTA DIDIK (Penelitian Terhadap Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Tasikmalaya)

HARDIYANTI, SITI (2019) EFEKTIVITAS MODEL LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIK PESERTA DIDIK (Penelitian Terhadap Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN, SURAT PERNYATAAN, DLL.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efektivitas model Learning Cycle 7E terhadap kemampuan penalaran matematik, (2) kemandirian belajar peserta didik selama pembelajaran dengan menggunakan model Learning Cycle 7E, dan (3) asosiasi antara kemampuan penalaran matematik dengan kemandirian belajar peserta didik pada saat pembelajaran menggunakan model Learning Cycle 7E. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Tasikmalaya, sampelnya diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas VIIA yang berjumlah 32 orang. Istrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari soal tes kemampuan penalaran matematik dan angket kemandirian belajar peserta didik. Pengolahan dan analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, asosiasi kontingensi dan koefisien kontingensi. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data mengenai kemampuan penalaran dan kemandirian belajar peserta didik dapat disimpulkan bahwa: (1) model Learning Cycle 7E efektif terhadap kemampuan penalaran matematik, (2) kemandirian belajar peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model Learning Cycle 7E termasuk kategori sedang, dan (3) terdapat asosiasi antara kemampuan penalaran matematik dengan kemandirian belajar peserta didik pada saat pembelajaran menggunakan model Learning Cycle 7E. Kata kunci: Kemampuan Penalaran Matematik, Kemandirian Belajar, Model Learning Cycle 7E.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 16 Sep 2019 02:52
Last Modified: 16 Sep 2019 02:52
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/939

Actions (login required)

View Item View Item