SALURAN DAN EFISIENSI PEMASARAN TELUR AYAM RAS

APRIANSYAH, RISEP (2019) SALURAN DAN EFISIENSI PEMASARAN TELUR AYAM RAS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB II.docx.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)

Abstract

Pemasaran telur ayam ras adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mendistribusikan telur dari produsen sampai ke konsumen. Penelitian pemasaran telur ayam ras ini dilaksanakan di Daffa Farm Desa Muktisari Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis sampai ke pedagang pengecer. Metode penelitian menggunakan survey, waktu penelitian dari bulan April sampai Agustus 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola saluran pemasaran, fungsi pemasaran, farmer’s share dan efisiensi pemasaran telur ayam ras. Lokasi penelitian ditentukan dengan sengaja (purposive), teknik penentuan sampel menggunakan snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat saluran pemasaran yaitu : 1). Produsen – konsumen. 2). Produsen – pedagang pengecer – konsumen. 3). Produsen – pedagang pengumpul – pedagang pengecer – kosumen. 4). Produsen – pedagang pengumpul – pedagang besar – pedagang pengecer – konsumen. Terdapat tiga fungi pemasaran yang dilakukan yaitu fungsi pertukaran, fungsi fisik, dan fungsi penyediaan sarana. Bagian harga yang diterima peternak pada saluran pemasaran pertama sebesar 100 persen, saluran kedua 81,63 persen, saluran ketiga 82,61 persen, dan saluran pemasaran ketiga sebesar 81,30 persen. Bagian harga yang diterima peternak pada saluran pertama lebih besar dengan nilai efisiensi 0 persen. Hasil penelitian menunjukkan pula bahwa nilai efisiensi saluran pemasaran pertama lebih efisien. Kata kunci : Telur Ayam Ras, Pemasaran, Farmer’s Share, Efisiensi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 16 Sep 2019 02:30
Last Modified: 16 Sep 2019 02:30
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/937

Actions (login required)

View Item View Item