PERAN PENDIDIK PAUD DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI BELAJAR PADA ANAK USIA DINI (Studi di Satuan PAUD Sejenis Bougenville Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor)

ALFIYYAH, HAIFA GHINA (2023) PERAN PENDIDIK PAUD DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI BELAJAR PADA ANAK USIA DINI (Studi di Satuan PAUD Sejenis Bougenville Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (66kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (60kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (50kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (71kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (35kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (79kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI-DAFTAR TABEL-DAFTAR GAMBAR-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (38kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (117kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (206kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (79kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (37kB)

Abstract

ABSTRAK Haifa Ghina Alfiyyah. 2023. PERAN PENDIDIK PAUD DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI BELAJAR PADA ANAK USIA DINI. (Studi di SPS Bougenville Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor) Jurusan Pendidikan Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Peran pendidik dalam proses belajar mengajar mencakup banyak hal, seperti ketua kelas, tutor, motivator, pelatih, peneliti. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bahwa peran pendidik pendidikan anak usia dini dalam memberikan motivasi belajar pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun sumber data dalam penelitian ini yaitu 5 orang terdiri dari pengelola, tutor dan orang tua. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga metode yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini bahwa peran pendidik dalam memberikan motivasi belajar dengan peran pendidik sebagai demonstrator yaitu menggunakan alat peraga ketika belajar dan bermain. Pendidik sebagai pengelola kelas menerapkan 5 S yaitu: senyum, sapa, salam, sopan, santun. Pendidik sebagai mediator yakni metode dan teknik belajar dengan bermain, edukasi kelas dan menyanyi. Pendidik sebagai fasilitator menggunakan alat belajar lego, balok atau pun alat peraga dengan bahan ajar buku cerita, ekalase, kriket, gambar dan alat daur ulang dari sumber belajar LK, Modul dan buku cerita. Pendidik sebagai evaluator yaitu evaluasi 2 kali dan tidak ada ulangan. Pendidik sebagai motivator yakni dengan sistem reward. Dapat disimpulkan dari hasil peran pendidik dalam memberikan motivasi belajar dalam sikap, motivasi belajar dan nilai peserta didik meningkat seperti anak menjadi mandiri, percaya diri dan bersosialisasi dan untuk penilaian anak memiliki kemampuan mengetahui angka, warna dan huruf, tidak ada ulangan dan adanya reward. Kata Kunci: Peran Pendidik, Motivasi Belajar, Anak Usia Dini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 19 May 2023 07:25
Last Modified: 19 May 2023 07:25
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9170

Actions (login required)

View Item View Item