PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP KETERAMPILAN BERPENDAPAT DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI ANGIOSPERMAE

RAMDHANI, FADHIL (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP KETERAMPILAN BERPENDAPAT DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI ANGIOSPERMAE. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (49kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (261kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (290kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (16kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (195kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (241kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (328kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (338kB)

Abstract

ABSTRAK FADHIL RAMDHANI 2023. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP KETERAMPILAN BERPENDAPAT DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI ANGIOSPERMAE (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 5 Tasikmalaya). Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya Keterampilan berpendapat dan pemahaman konsep pada peserta didik perlu dikembangkan, dalam mengupayakan hal tersebut maka dalam kegiatan pembelajaran perlu dibarengi dengan model pembelajaran concept attainment. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran concept attainment terhadap Keterampilan berpendapat dan pemahaman konsep peserta didik pada materi angiospermae di kelas X MIPA SMAN 5 Tasikmalaya, dengan populasi seluruh kelas X MIPA yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah total 245 peserta didik. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, dan kelas terpilih dari kelas X MIPA 3 berjumlah 36 peserta didik dan X MIPA 5 berjumlah 36 peserta didik. Instrumen yang digunakan penelitian ini terdiri dari tes keterampilan berpendapat sebanyak 5 pertanyaan, dan pemahaman konsep sebanyak 10 pertanyaan. Data diolah dengan melakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas, uji homogenitas sedangkan uji hipotesis yang menggunakan uji one way ANOVA. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan ada pengaruh model pembelajaran concept attainment terhadap Keterampilan berpendapat dan pemahaman konsep peserta didik pada materi angiospermae di kelas X MIPA 3 SMAN 5 Tasikmalaya. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran concept attainment terhadap Keterampilan berpendapat dan pemahaman konsep peserta didik pada materi angiospermae di kelas X MIPA SMAN 5 Tasikmalaya. Kata Kunci : Model Pembelajaran Concept Attainment, Keterampilan Berpendapat, Pemahaman Konsep, Tumbuhan Berbiji Tertutup (Angiospermae)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 10 May 2023 06:35
Last Modified: 10 May 2023 06:35
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9143

Actions (login required)

View Item View Item