ANALISIS SISTEM INPUT, PROCESS, OUTPUT DALAM PELAYANAN UPAYA KESEHATAN KERJA SEKTOR INFORMAL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TAMANSARI KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2022

DEWI, ALA ARSIKA (2023) ANALISIS SISTEM INPUT, PROCESS, OUTPUT DALAM PELAYANAN UPAYA KESEHATAN KERJA SEKTOR INFORMAL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TAMANSARI KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2022. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
cover.pdf

Download (38kB)
[img] Text
3. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (206kB)
[img] Text
4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (384kB)
[img] Text
7. HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (113kB)
[img] Text
9. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf

Download (85kB)
[img] Text
8. KATA PENGANTAR.pdf

Download (90kB)
[img] Text
10. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (117kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (124kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (154kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (155kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf

Download (373kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] Text
16. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)

Abstract

FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS SILIWANGI TASIKMALAYA PEMINATAN ADMINISTRASI DAN KEBIJAKAN KESEHATAN 2023 ABSTRAK ANALISIS SISTEM INPUT, PROCESS, OUTPUT DALAM PELAYANAN UPAYA KESEHATAN KERJA SEKTOR INFORMAL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TAMANSARI KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2022 Kesehatan merupakan hak setiap orang termasuk pekerja. Pos UKK merupakan wadah untuk pemeliharaan kesehatan pekerja yang diselenggarakan dibawah binaan Puskesmas. Puskesmas Tamansari merupakan salah satu Puskesmas yang memiliki nilai kinerja Program UKK paling rendah. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis aspek input, process, output pelayanan UKK sektor informal. Penelitian dilaksanakan di Puskesmas Tamansari, Pos UKK Kebon Kalapa dan Pos UKK Babakan Jati. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitiatif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa aspek input yang telah tersedia adalah sumber daya manusia (man), sarana prasarana dan peralatan (materials), serta metoda (method). Aspek sumber daya manusia (man) yang tersedia belum semuanya memenuhi syarat dalam Permenkes nomor 100 tahun 2015. Sumber daya dana (money) disediakan manajemen Puskesmas dari dana BOK, hanya satu Pos UKK yang memiliki sumber dana. Pada aspek process, kegiatan-kegiatan yang tercantum dalam Permenkes nomor 100 tahun 2015 belum semuanya dilaksanakan Puskesmas dan Pos UKK. Pada aspek output target kinerja tahun 2022 tidak tercapai, penilaian keberhasilan penyelenggaraan di Pos UKK menunjukkan masih terdapat aspek yang kurang aktif dan tidak aktif. Diharapkan penanggung jawab program dan kader mengikuti pelatihan dan menyesuaikan kegiatan dengan Permenkes nomor 100 tahun 2015. Kepada pekerja sektor informal diharapkan untuk selalu mengikuti pemeriksaan di Pos UKK dan selalu menggunakan APD ketika bekerja. Kata kunci : Pos UKK, Pelayanan, Input, Process, Output.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 10 May 2023 06:34
Last Modified: 10 May 2023 06:34
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9130

Actions (login required)

View Item View Item