DEWI, ALA ARSIKA (2023) ANALISIS SISTEM INPUT, PROCESS, OUTPUT DALAM PELAYANAN UPAYA KESEHATAN KERJA SEKTOR INFORMAL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TAMANSARI KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2022. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
cover.pdf Download (38kB) |
|
Text
3. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (206kB) |
|
Text
4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (384kB) |
|
Text
7. HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (113kB) |
|
Text
9. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf Download (85kB) |
|
Text
8. KATA PENGANTAR.pdf Download (90kB) |
|
Text
10. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (117kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (124kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (154kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (155kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Download (373kB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
|
Text
16. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (172kB) |
Abstract
FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS SILIWANGI TASIKMALAYA PEMINATAN ADMINISTRASI DAN KEBIJAKAN KESEHATAN 2023 ABSTRAK ANALISIS SISTEM INPUT, PROCESS, OUTPUT DALAM PELAYANAN UPAYA KESEHATAN KERJA SEKTOR INFORMAL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TAMANSARI KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2022 Kesehatan merupakan hak setiap orang termasuk pekerja. Pos UKK merupakan wadah untuk pemeliharaan kesehatan pekerja yang diselenggarakan dibawah binaan Puskesmas. Puskesmas Tamansari merupakan salah satu Puskesmas yang memiliki nilai kinerja Program UKK paling rendah. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis aspek input, process, output pelayanan UKK sektor informal. Penelitian dilaksanakan di Puskesmas Tamansari, Pos UKK Kebon Kalapa dan Pos UKK Babakan Jati. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitiatif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa aspek input yang telah tersedia adalah sumber daya manusia (man), sarana prasarana dan peralatan (materials), serta metoda (method). Aspek sumber daya manusia (man) yang tersedia belum semuanya memenuhi syarat dalam Permenkes nomor 100 tahun 2015. Sumber daya dana (money) disediakan manajemen Puskesmas dari dana BOK, hanya satu Pos UKK yang memiliki sumber dana. Pada aspek process, kegiatan-kegiatan yang tercantum dalam Permenkes nomor 100 tahun 2015 belum semuanya dilaksanakan Puskesmas dan Pos UKK. Pada aspek output target kinerja tahun 2022 tidak tercapai, penilaian keberhasilan penyelenggaraan di Pos UKK menunjukkan masih terdapat aspek yang kurang aktif dan tidak aktif. Diharapkan penanggung jawab program dan kader mengikuti pelatihan dan menyesuaikan kegiatan dengan Permenkes nomor 100 tahun 2015. Kepada pekerja sektor informal diharapkan untuk selalu mengikuti pemeriksaan di Pos UKK dan selalu menggunakan APD ketika bekerja. Kata kunci : Pos UKK, Pelayanan, Input, Process, Output.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 10 May 2023 06:34 |
Last Modified: | 10 May 2023 06:34 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9130 |
Actions (login required)
View Item |