RACHMAN, MUHAMAD TAUFIK (2023) HUBUNGAN SELF CONFIDENCE DENGAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di kelas XI SMA Negeri 3 Tasikmalaya, Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (46kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (118kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (100kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (99kB) |
|
Text
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (75kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (90kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (79kB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (10kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (101kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (228kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (562kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (600kB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
Abstract
ABSTRAK MUHAMAD TAUFIK RACHMAN. 2023. Hubungan Self Confidence dan Self Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi (Studi Korelasi di Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Hasil belajar peserta didik sangat banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu internal dan eksternal, diantaranya faktor internal self confidence dan self regulated learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan self confidence dan self regulated learning dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi. Metode penelitan yang digunakan adalah korelasional dengan populasi seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Sampel digunakan dipilih menggunakan teknik purposive sampling yakni kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 2 yang berjumlah 70 orang. Untuk instrumen penelitian terdiri atas soal tes hasil belajar biologi, angket self confidence, dan angket self regulated learning. Analisis data menggunakan uji korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan ada korelasi antara self confidence dan self regulated learning terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,342 yang artinya hubungan ketiga variabel tersebut termasuk dalam korelasi rendah. Selain itu diperoleh nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,117 yang berarti bahwa variabel self confidence dan self regulated learning memberikan kontribusi 11,7% terhadap hasil belajar peserta didik. Sisanya 88,3% merupakan variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang rendah antara self confidence dan self regulated learning dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi dikarenakan rendahnya tingkat korelasi yang ada mengindikasikan kemampuan self confidence dan self regulated learning yang dimiliki belum merata pada setiap peserta didik. Kata kunci: Hasil belajar, self confidence, self regulated learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 04 May 2023 01:58 |
Last Modified: | 04 May 2023 01:58 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9121 |
Actions (login required)
View Item |