HUBUNGAN SELF CONFIDENCE DENGAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di kelas XI SMA Negeri 3 Tasikmalaya, Tahun Ajaran 2021/2022)

RACHMAN, MUHAMAD TAUFIK (2023) HUBUNGAN SELF CONFIDENCE DENGAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di kelas XI SMA Negeri 3 Tasikmalaya, Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (46kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (118kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (100kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (99kB)
[img] Text
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (75kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (79kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (10kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (101kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (228kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (562kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)

Abstract

ABSTRAK MUHAMAD TAUFIK RACHMAN. 2023. Hubungan Self Confidence dan Self Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi (Studi Korelasi di Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Hasil belajar peserta didik sangat banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu internal dan eksternal, diantaranya faktor internal self confidence dan self regulated learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan self confidence dan self regulated learning dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi. Metode penelitan yang digunakan adalah korelasional dengan populasi seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Sampel digunakan dipilih menggunakan teknik purposive sampling yakni kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 2 yang berjumlah 70 orang. Untuk instrumen penelitian terdiri atas soal tes hasil belajar biologi, angket self confidence, dan angket self regulated learning. Analisis data menggunakan uji korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan ada korelasi antara self confidence dan self regulated learning terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,342 yang artinya hubungan ketiga variabel tersebut termasuk dalam korelasi rendah. Selain itu diperoleh nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,117 yang berarti bahwa variabel self confidence dan self regulated learning memberikan kontribusi 11,7% terhadap hasil belajar peserta didik. Sisanya 88,3% merupakan variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang rendah antara self confidence dan self regulated learning dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi dikarenakan rendahnya tingkat korelasi yang ada mengindikasikan kemampuan self confidence dan self regulated learning yang dimiliki belum merata pada setiap peserta didik. Kata kunci: Hasil belajar, self confidence, self regulated learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 04 May 2023 01:58
Last Modified: 04 May 2023 01:58
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9121

Actions (login required)

View Item View Item