Fitriani, Rahmah and Hernawan, Edi and Mustofa, Romy Faisal PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERSTRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. In: Seminar Nasional Biologi, Saintek, dan Pembelajarannya (SN-Biosper) tahun 2019.
Text
20. Pengaruh Blended Problem Based Learning Berbasis Google Classroom Terhadap Beban Kognitif Peserta Didik pada Materi Keanekaragaman Hayati.pdf Download (304kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh problem based learrning berstrategi metakognitif terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Sindangkasih Kab. Ciamis pada sub konsep mekanisme pernapasan manusia. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2018 sampai dengan bulan Mei 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah true experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMAN 1 Sindangkasih Kabupaten Ciamis sebanyak 5 kelas dan sampel yang digunakan dua kelas, yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar yang dilakukan sebelum dan sesudah proses pembelajaran berlangsung. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar pada sub konsep mekanisme pernapasan manusia. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh problem based learning berstrategi metakognitif terhadap hasil belajar peserta didik Kelas XI MIPA SMAN 1 Sindangkasih, Kab.Ciamis pada sub konsep mekanisme pernapasan manusia
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi > Artikel Dosen Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Linda Amelia Oktavia |
Date Deposited: | 03 May 2023 01:38 |
Last Modified: | 03 May 2023 01:38 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9111 |
Actions (login required)
View Item |