ANALISIS MISKONSEPSI MATERI KPK DAN FPB PADA LITERASI MATEMATIS DAN KREATIF MATEMATIS

ROSLINA, RINA (2020) ANALISIS MISKONSEPSI MATERI KPK DAN FPB PADA LITERASI MATEMATIS DAN KREATIF MATEMATIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Rina Roslina_Rev 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Rina Roslina (2020). Analisis Miskonsepsi Materi KPK dan FPB pada Literasi Matematis dan Kreatif Matematis. Program Studi Pendidikan Matematika. Pascasarjana Universitas Siliwangi Tasikmalaya, dibimbing oleh Dr. Hj. Nani Ratnaningsih, M.Pd. dan Dr. H.Supratman, M.Pd. Tujuan penelitian untuk menganalisis dan mengetahui miskonsepsi materi KPK dan FPB pada literasi matematis dan kreatif matematis peserta didik, penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian atau responden sebanyak empat orang diambil dari kelas IV SDN 4 Sumelap Kampung Ciharashas Kelurahan Sumelap Kota Tasikmalaya yang berjumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Tes terdiri dari dua macam yaitu soal literasi matematis dan soal kreatif matematis. Berdasarkan data penelitian dilakukan analisis miskonsepsi literasi matematis. Hasil penelitian menunjukan bahwa subjek N (8) mengalami miskonsepsi konsep pada soal nomor 1 dan miskonsepsi sistematik pada soal nomor 2, sedangkan N (27) mengalami miskonsespsi strategi pada soal nomor 1 dan miskonsepsi tanda pada soal nomor 2. Untuk analisis miskonsepsi kreatif matematis, dianalisis pada 4 soal kreatif matematis yaitu untuk subjek N (4) pada indikator keluwesan termasuk kategori cukup luwes dan kurang luwes, untuk kategori kelancaran termasuk kategori kurang lancar dan cukup lancar; untuk kategori keaslian termasuk kategori cukup asli dan asli, terakhir untuk katergori kejelasan termasuk kategori cukup jelas dan jelas. Subjek N (19) pada indikator keluwesan termasuk kategori kurang luwes, untuk kategori kelancaran termasuk kategori kurang lancar; untuk kategori keaslian termasuk kategori kurang asli dan terakhir untuk katergori kejelasan dia termasuk kategori cukup jelas.Miskonsepsi yang terjadi pada subjek N (4) adalah miskonsepsi sistematik sedangkan N (19) mengalami miskonsepsi konsep. Kata Kunci: Miskonsepsi, Literasi, Kreatif Matematis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:19
Last Modified: 27 Mar 2023 06:19
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8971

Actions (login required)

View Item View Item