PENGARUH PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI PLANTAE (Studi Eksperimen di Kelas X SMAN 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018-2019)

Solihatussa’diah, Solihatussa’diah (2019) PENGARUH PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI PLANTAE (Studi Eksperimen di Kelas X SMAN 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018-2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover, Dll.docx.pdf

Download (860kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan jelajah alam sekitar terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi Plantae di kelas X SMA Negeri 1 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai dengan bulan Mei 2019 di SMA Negeri 1 kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Experiment. Populasi penelitian ini adalah kelas X MIPA pada tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 9 kelas dan sampel yang digunakan adalah 2 kelas yaitu kelas X MIPA 8 dan X MIPA 9 yang diambil dengan cara sampling purposive. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan proses sains peserta didik pada materi Plantae. Tes ini berupa soal uraian dengan 6 Indikator yang diuji yaitu observasi, klasifikasi, interpretasi, komunikasi, mengajukan pertanyaan dan menerapkan konsep. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,745 dan nilai koefisien determinasi 55,5% dengan kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan jelajah alam sekitar berpengaruh sedang terhadap keterampilan proses sains peserta didik, dengan Indikator yang paling tinggi peningkatannya yaitu observasi, komunikasi, dan menerapan konsep.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 12 Sep 2019 01:49
Last Modified: 12 Sep 2019 01:49
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/897

Actions (login required)

View Item View Item