PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI BANGUN RUANG UNTUK MENGEKSPLOR KEMAMPUAN SPASIAL

SIRRI, EVI LATIFATUS (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI BANGUN RUANG UNTUK MENGEKSPLOR KEMAMPUAN SPASIAL. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
cover_evi.pdf

Download (86kB)
[img] Text
lembar pengesahan_evi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1_evi.pdf

Download (965kB)
[img] Text
BAB 2_evi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3_evi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4_evi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5_evi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (949kB)
[img] Text
Dapus_evi.pdf

Download (967kB)

Abstract

ABSTRAK EVI LATIFATUS SIRRI. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Bangun Ruang Untuk Mengeksplor Kemampuan Spasial. Program Studi Magister Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis android pada materi bangun ruang untuk mengeksplor kemampuan spasial dan untuk mengetahui kualitas efektivitas kemampuan spasial peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran tersebut. Subjek penelitian yaitu 3 orang ahli materi, 2 orang ahli media, 3 orang guru matematika dan 25 orang siswa kelas VIII MTs Al-Ishlah Cihaurbeuti. Metode penelitian yang digunakan yaitu R&D dengan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara tak terstruktur, tes dan angket. Instrument yang digunakan yaitu soal tes kemampuan spasial, lembar validasi ahli materi dan ahli media, angket respon siswa dan guru. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berbasis android sesuai prosedur ADDIE. Pada tahap analisis (analysis) diperoleh informasi bahwa: 1) media pembelajaran yang digunakan di sekolah adalah LKS yang berupa modul pembelajaran, 2) siswa lebih suka belajar menggunakan smartphone, 3) guru belum pernah membuat media pembelajaran berbasis android karena kurangnya pengetahuan dan fasilitas, 4) materi bangun ruang merupakan salah satu materi yang memperoleh nilai rata-rata 69 yang berada pada kategori rendah. Kemudian pada tahap desain (design) peneliti membuat flowchart dan storyboard, serta membuat instrumen penelitian. Pada tahap pengembangan (development) dihasilkan suatu media pembelajaran dalam bentuk aplikasi dengan kategori valid/ layak digunakan berdasarkan hasil validasi ahli. Pada tahap implementasi diperoleh respon guru dan siswa dalam kelompok kecil dengan kategori sangat baik dan baik. Pada tahap evaluasi diketahui rata-rata nilai posttest peserta didik dalam kelompok besar lebih besar daripada rata-rata nilai pretest. Produk yang dihasilkan efektif untuk mengeksplor kemampuan spasial terlihat dari hasil perhitungan Effect Size dengan nilai sebesar 1,32 dengan kategori “strong effect”. Hal ini berarti media pembelajaran dapat digunakan sebagai sumber belajar pendukung pembelajaran matematika materi bangun ruang. Kata kunci: media pembelajaran, android, kemampuan spasial

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:19
Last Modified: 27 Mar 2023 06:19
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8964

Actions (login required)

View Item View Item