PROSESBERPIKIR LATERAL DAN KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAMMENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED DITINJAU DARIGAYA BERPIKIRGREGOR

ROSMAYANTHI, DEVIN (2021) PROSESBERPIKIR LATERAL DAN KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAMMENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED DITINJAU DARIGAYA BERPIKIRGREGOR. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (106kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (107kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)

Abstract

ABSTRAK DEVIN ROSMAYANTHI. 2021. Proses Berpikir Lateral Dan Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Ditinjau Dari Gaya Berpikir Gregorc. Program Studi Magister Pendidikan Matematika. Pascasarjana. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir lateral dan kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal open ended ditinjau dari gaya berpikir Gregorc. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif dengan metode eksploratif. Instrumen penelitian terdiri dari soal open ended, angket gaya berpikir Gregorc dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari delapan orang peserta didik dari kelas XI SMK Karya Nasional Sindangkasih Ciamis dengan masing-masing dua subjek gaya berpikir Sekuensial Konkret (SK), Sekuensial Abstrak (SA), Acak Konkret (AK) dan Acak Abstrak (AA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses berpikir lateral peserta didik gaya berpikir Sekuensial Konkret (SK) memenuhi satu aspek berpikir lateral yaitu mengetahui ide pokok dari masalah yang sedang dihadapi, meskipun ada peserta didik yang juga memenuhi aspek mencari cara-cara alternatif dalam memandang permasalahan. Peserta didik gaya berpikir Sekuensial Konkret (SK) melakukan kesalahan transformasi serta secara umum melakukan kesalahan keterampilan proses dan penulisan jawaban. 2) Proses berpikir lateral peserta didik gaya berpikir Sekuensial Abstrak (SA) memenuhi semua aspek berpikir lateral yaitu mengetahui ide pokok dari masalah yang sedang dihadapi, mencari cara-cara alternatif dalam memandang permasalahan, melonggarkan kendali cara berpikir yang kaku dan menggunakan ide-ide acak untuk membangkitkan ide-ide baru. Peserta didik gaya berpikir Sekuensial Abstrak (SA) melakukan kesalahan transformasi serta secara umum melakukan kesalahan keterampilan proses dan penulisan jawaban. 3) Proses berpikir lateral peserta didik gaya berpikir Acak Konkret (AK) memenuhi semua aspek berpikir lateral yaitu mengetahui ide pokok dari masalah yang sedang dihadapi, mencari cara- cara alternatif dalam memandang permasalahan, melonggarkan kendali cara berpikir yang kaku dan menggunakan ide-ide acak untuk membangkitkan ide-ide baru. Peserta didik gaya berpikir Acak Konkret (AK) melakukan kesalahan transformasi serta secara umum melakukan kesalahan keterampilan proses dan penulisan jawaban. 4) Proses berpikir lateral peserta didik gaya berpikir Acak Abstrak (AA) memenuhi semua aspek berpikir lateral yaitu mengetahui ide pokok dari masalah yang sedang dihadapi, mencari cara-cara alternatif dalam memandang permasalahan, melonggarkan kendali cara berpikir yang kaku dan menggunakan ide-ide acak untuk membangkitkan ide-ide baru. Peserta didik gaya berpikir Acak Abstrak (AA) melakukan kesalahan transformasi serta secara umum melakukan kesalahan keterampilan proses dan penulisan jawaban. Kata kunci: Proses Berpikir Lateral, Kesalahan Newman, Open Ended, Gaya Berpikir Gregorc

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 20 Mar 2023 06:42
Last Modified: 20 Mar 2023 06:42
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8933

Actions (login required)

View Item View Item