PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DILIHAT DARI PERSPEKTIF GENDER (Survey pada Peserta Didik Kelas XI Mata Pelajaran Ekonomi SMAN 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

ARISTIANI, ARNI (2021) PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DILIHAT DARI PERSPEKTIF GENDER (Survey pada Peserta Didik Kelas XI Mata Pelajaran Ekonomi SMAN 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
BAG 1_COVER_SKRIPSI_ARNI ARISTIANI_172165005_ANGKATAN 2017.pdf

Download (35kB)
[img] Text
BAG 3_LEMBAR PENGESAHAN_SKRIPSI_ARNI ARISTIANI_172165005_ANGKATAN 2017.pdf

Download (452kB)
[img] Text
BAG 2_ABSTRAK_SKRIPSI_ARNI ARISTIANI_172165005_ANGKATAN 2017.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAG 4_KATA PENGANTAR-DAFTAR LAMPIRAN_SKRIPSI_ARNI ARISTIANI_172165005_ANGKATAN 2017.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAG 5_BAB I_SKRIPSI_ARNI ARISTIANI_172165005_ANGKATAN 2017.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAG 6_BAB II_SKRIPSI_ARNI ARISTIANI_172165005_ANGKATAN 2017.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAG 7_BAB III_SKRIPSI_ARNI ARISTIANI_172165005_ANGKATAN 2017.pdf

Download (694kB)
[img] Text
BAG 8_BAB IV_SKRIPSI_ARNI ARISTIANI_172165005_ANGKATAN 2017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] Text
BAG 9_BAB V_SKRIPSI_ARNI ARISTIANI_172165005_ANGKATAN 2017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
BAG 10_DAFTAR PUSTAKA_SKRIPSI_ARNI ARISTIANI_172165005_ANGKATAN 2017.pdf

Download (162kB)

Abstract

ABSTRAK Arni Aristiani. (2021). Skripsi. Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dilihat Dari Perspektif Gender (Survey Pada Peserta Didik Kelas XI SMAN 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik yang cukup rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar peserta didik serta untuk mengetahui perbedaan dari kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan hasil belajar antara peserta didik laki-laki dan perempuan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif, serta menggunakan desain penelitian eksplanatori. Populasi penelitian ini adalah kelas XI SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021 sebanyak 335 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sampling, sehingga didapatkan 182 sampel. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan analisis data menggunakan Regresi Linear Berganda serta Independent Sampel T Test. Hasil dari uji Regresi Linear Berganda, diperoleh persamaan Y`= 36,068 + 0,519 +0,268 memiliki artian bahwa kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional berpengaruh secara positif terhadap hasil belajar, dari pengujian secara simultan bahwa kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional berpengaruh terhadap hasil belajar yang terlihat dari perolehan F hitung 208,355 > F tabel 3,046. Kemudian hasil pengujian Independent Sampel T Test bahwa tidak terdapat perbedaan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan hasil belajar peserta didik antara laki-laki dan perempuan yang terlihat dari nilai t hitung masing-masing variabel 0,200, 0,525, 1,893 < t tabel 1,973. Kata Kunci : Gender, Hasil Belajar, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 20 Mar 2023 01:20
Last Modified: 20 Mar 2023 01:20
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8915

Actions (login required)

View Item View Item