PENGARUH EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR YANG BERIMPLIKASI PADA HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI (Survey pada Peserta Didik Kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

NURFAJRIANI, AINI (2022) PENGARUH EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR YANG BERIMPLIKASI PADA HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI (Survey pada Peserta Didik Kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK AINI NURFAJRIANI. 2020. PENGARUH EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR YANG BERIMPLIKASI PADA HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI (Survey pada Peserta Didik Kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Masalah yang diteliti pada penelitian ini yaitu mengenai hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efektivitas pembelajaran daring terhadap motivasi belajar yang berimplikasi pada hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis survei dengan menggunakan desain penelitian survei eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu yang pertama melalui area sampling, lalu dilanjutkan dengan proportional sampling dan didapatkan sampel sebanyak 233 peserta didik sebagai responden dalam penelitian ini. Pengumpulan data diperoleh dari penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur atau path analysis model dekomposisi pengaruh kausal antarvariabel dengan taraf signifikansi 0,05. Sebelum dilakukannya analisis data maka terlebih dahulu harus dilakukan uji prasyarat analisis diantaranya meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji heteroskedastisitas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa hasil penelitian menggunakan path analysis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan baik itu pengaruh efektivitas pembelajaran daring terhadap motivasi belajar, pengaruh efektivitas pembelajaran daring terhadap hasil belajar ataupun motivasi belajar terhadap hasil belajar. Lalu, hasil path analysis selanjutnya diperoleh nilai thitung = 4,422 > ttabel = 1,98. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan antara efektivitas pembelajaran daring terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar. Hasil koefisien jalur pengaruh kausal total diperoleh sebesar 0,497 yang menunjukan bahwa efektivitas pembelajaran daring secara tidak langsung berpengaruh terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar sebesar 49,7% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Hasil, Motivasi, Belajar, Efektivitas, Pembelajaran, Daring

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 20 Mar 2023 01:20
Last Modified: 20 Mar 2023 01:20
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8914

Actions (login required)

View Item View Item