IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN DI PESANTREN TRADISIONAL (Studi pada Pesantren Cintawana Kabupaten Tasikmalaya)

MUNAWAROH, KAMILATUL (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN DI PESANTREN TRADISIONAL (Studi pada Pesantren Cintawana Kabupaten Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (48kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (268kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (240kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (341kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (246kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (239kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (322kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf

Download (187kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (226kB)

Abstract

ABSTRAK KAMILATUL MUNAWAROH, 2021. “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI METODE PEMBIASAAN DI PESANTREN TRADISIONAL (STUDI PADA PESANTREN CINTAWANA KABUPATEN TASIKMALAYA)”. Program Studi Pendidikan Masyarakat, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Dibimbing oleh Lilis Karwati dan Lulu Yuliyani. Pendidikan karakter merupakan suatu upaya pendidikan yang bertujuan untuk menerapkan karakter yang baik pada diri peserta didik sehingga memiliki jiwa yang baik dan berkarakter. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengimplementasikan pendidikan karakter di Pondok Pesantren Tradisional serta nilai-nilai yang terbangun dari adanya implementasi pendidikan karakter di Pesantren Cintawana. Penelitian ini dilakukan sejalan dengan ditemukannya beberapa permasalahan yang terjadi terhadap generasi bangsa saat ini yakni semakin menurunnya moral generasi bangsa yang disebabkan oleh kurangnya penerapan pendidikan karakter di lingkungan pendidikan maupun di lingkungan keluarga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penomenologi. Adapun subjek dari penelitian ini yaitu Pemimpin Pesantren, ustadz, santri dan orangtua santri. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan pembiasaan di Pesantren Tradisional Pondok Pesantren Cintawana yakni dengan menciptakan lingkungan budaya moral yang positif, mengajarkan makna nilai moral melalui kurikulum, dan menjadikan peran ustadz sebagai pengasuh, contoh dan mentor. Implementasi pendidikan karakter tersebut dilaksanakan melalui model-model pembiasaan yakni model pembiasaan belajar santri, pembiasaan shalat berjamaah, pembiasaan membaca al qur’an, pembiasaan menghafal bersama, pembiasaan tamrin mubalighin, pembiasaan piket bersih-bersih, dan pembiasaan olahraga setiap minggu. Simpulan yang diharapkan dari pendidikan karakter tersebut yaitu dapat terbangunnya nilai-nilai karakter yang baik pada diri santri seperti terbangunnya nilai religius, nilai tanggungjawab, nilai kemandirian, dan nilai kedisiplinan. Kata Kunci : Pendidikan, Karakter, Pembiasaan, Pesantren, Tradisional

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 16 Mar 2023 02:27
Last Modified: 16 Mar 2023 02:27
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8903

Actions (login required)

View Item View Item