PENGARUH PENGGUNAAN CRAYONPEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATERI MUTASI PADA MAKHLUK HIDUP (Studi Eksperimen di kelas XII SMA Negeri 1 Rancah, Tahun Ajaran 2021/2022)

RAMDHAN, FACHRUL (2023) PENGARUH PENGGUNAAN CRAYONPEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATERI MUTASI PADA MAKHLUK HIDUP (Studi Eksperimen di kelas XII SMA Negeri 1 Rancah, Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (386kB)
[img] Text
2. Lembar pengesahan.pdf

Download (266kB)
[img] Text
3. Pernyataan.pdf

Download (219kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (399kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar .pdf

Download (465kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (342kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (824kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB)

Abstract

ABSTRAK FACHRUL RAMDHAN. 2022. Pengaruh Penggunaan Crayonpedia Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Materi Mutasi Pada Makhluk Hidup. Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Adanya wabah virus Covid-19 di Indonesia mengubah kondisi pendidikan pada saat ini berada pada masa transisi dari sistem pembelajaran secara tatap muka berubah menjadi sistem pembelajaran daring. Namun dalam pelaksanaannya proses belajar mengajar secara daring ini dianggap masih belum optimal dan efektif karena masih terdapat beberapa kendala di antaranya: media pembelajaran yang digunakan para guru dominan monoton dan membuat para murid merasa jenuh, keterbatasan kemampuan guru dalam menggunakan teknologi informasi, dan kurang aktifnya peserta didik dalam mengikuti pembelajaran secara daring. Salah satu upaya dalam mengatasi masalah belajar mengajar di masa pandemi melalui teknologi adalah penggunaan platform pembelajaran Crayonpedia yang diyakini mampu mengatasi permasalahan pembelajaran yang terjadi pada masa pandemi ini karena menyediakan berbagai fasilitas yang dapat mendukung pembelajaran secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dalam jaringan berbasis Crayonpedia terhadap hasil belajar peserta didik pada materi mutasi makhluk hidup. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan metode pre-experimental jenis pre-test post-test control group design. Tehnik pengumpulan data menggunakan purposive sampling Variabel independen dalam penelitian ini adalah Crayonpedia sebagai platform pembelajaran. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil analisis dan pengujian hipotesis, dengan uji pired sample t-test untuk pre-test dan post-test diperoleh nilai sig(2-tiled) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Crayonpedia terhadap hasil belajar pesrta didik dalam materi Mutasi pada Makhluk Hidup di kelas XII MIPA 3 SMA Negeri 1 Rancah tahun ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 27 Feb 2023 08:16
Last Modified: 27 Feb 2023 08:16
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8723

Actions (login required)

View Item View Item