RAMDHAN, FACHRUL (2023) PENGARUH PENGGUNAAN CRAYONPEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATERI MUTASI PADA MAKHLUK HIDUP (Studi Eksperimen di kelas XII SMA Negeri 1 Rancah, Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (386kB) |
|
Text
2. Lembar pengesahan.pdf Download (266kB) |
|
Text
3. Pernyataan.pdf Download (219kB) |
|
Text
4. Abstrak.pdf Download (399kB) |
|
Text
5. Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar .pdf Download (465kB) |
|
Text
6. BAB I.pdf Download (342kB) |
|
Text
7. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (824kB) |
|
Text
10. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (315kB) |
Abstract
ABSTRAK FACHRUL RAMDHAN. 2022. Pengaruh Penggunaan Crayonpedia Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Materi Mutasi Pada Makhluk Hidup. Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Adanya wabah virus Covid-19 di Indonesia mengubah kondisi pendidikan pada saat ini berada pada masa transisi dari sistem pembelajaran secara tatap muka berubah menjadi sistem pembelajaran daring. Namun dalam pelaksanaannya proses belajar mengajar secara daring ini dianggap masih belum optimal dan efektif karena masih terdapat beberapa kendala di antaranya: media pembelajaran yang digunakan para guru dominan monoton dan membuat para murid merasa jenuh, keterbatasan kemampuan guru dalam menggunakan teknologi informasi, dan kurang aktifnya peserta didik dalam mengikuti pembelajaran secara daring. Salah satu upaya dalam mengatasi masalah belajar mengajar di masa pandemi melalui teknologi adalah penggunaan platform pembelajaran Crayonpedia yang diyakini mampu mengatasi permasalahan pembelajaran yang terjadi pada masa pandemi ini karena menyediakan berbagai fasilitas yang dapat mendukung pembelajaran secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dalam jaringan berbasis Crayonpedia terhadap hasil belajar peserta didik pada materi mutasi makhluk hidup. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan metode pre-experimental jenis pre-test post-test control group design. Tehnik pengumpulan data menggunakan purposive sampling Variabel independen dalam penelitian ini adalah Crayonpedia sebagai platform pembelajaran. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil analisis dan pengujian hipotesis, dengan uji pired sample t-test untuk pre-test dan post-test diperoleh nilai sig(2-tiled) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Crayonpedia terhadap hasil belajar pesrta didik dalam materi Mutasi pada Makhluk Hidup di kelas XII MIPA 3 SMA Negeri 1 Rancah tahun ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 08:16 |
Last Modified: | 27 Feb 2023 08:16 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8723 |
Actions (login required)
View Item |