INTEGRASI PENDEKATAN DESIGN SPRINT TERHADAP DESIGN THINKING UNTUK PERANCANGAN UI/UX PADA LEARNING MANAGEMENT SYSTEM SAKATTAKU

Nida, Siti Nabilah (2022) INTEGRASI PENDEKATAN DESIGN SPRINT TERHADAP DESIGN THINKING UNTUK PERANCANGAN UI/UX PADA LEARNING MANAGEMENT SYSTEM SAKATTAKU. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (51kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (575kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (67kB)
[img] Text
HALAMAN PERSEMBAHAN, HALAMAN MOTTO, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (81kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (393kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)

Abstract

ABSTRAK Kebijakan merdeka belajar yang diusungkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah memasuki episode keempat yaitu program organisasi penggerak (POP). Yayasan Sakata Innovation Center merupakan peserta POP yang menjalankan program pelatihan saung koding melalui hybrid learning, salah satunya penggunaan platform learning management system (LMS) Sakattaku. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan kepala sekolah, diketahui bahwa 20 dari 45 responden (45%) mengatakan bahwa mereka mengalami kendala sehingga menyebabkan ketidaknyamanan dalam menggunakan LMS. Sementara dalam hal ini, peran user interface (UI) dan user experience (UX) sangatlah penting untuk menunjang fungsionalitas dan pengalaman pengguna. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan merencanakan penerapan UI/UX LMS sakattaku.com serta melakukan pengujian dan rekomendasi perbaikan desain. Dengan mengutamakan UI dan UX, penelitian ini menggunakan kompatibilitas metode Design Thinking dan Design Sprint. Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa 9 dari 15 expert user dapat menyelesaikan pengujian sesuai tugas skenario yang diberikan. Pada User Experience Questionnaire (UEQ) menggunakan data sampel sebanyak 45 orang dan didapatkan kesan positif untuk semua aspek penilaian terutama pada aspek perspicuity yang sebelumnya memiliki predikat terendah yaitu above average menjadi excellent dan aspek kebaruan (novelty) yang sebelumnya memiliki nilai rata – rata terendah memperoleh nilai selisih positif tertinggi sebesar 75,6%. Kata Kunci : design sprint, design thinking, user experience, user interface.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Informatika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 28 Feb 2023 01:54
Last Modified: 28 Feb 2023 01:54
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8716

Actions (login required)

View Item View Item