ANALISIS KETERAMPILAN METAKOGNISI PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK.

SUCI, SHAFIRA (2022) ANALISIS KETERAMPILAN METAKOGNISI PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (185kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (154kB)
[img] Text
3. SURAT KETERANGAN.pdf

Download (327kB)
[img] Text
4. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (235kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (520kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (418kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf

Download (557kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (13MB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (3MB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33MB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK SHAFIRA SUCI. 2022. ANALISIS KETERAMPILAN METAKOGNISI PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan metakognisi yang terdiri dari merencanakan, memonitor pelaksanaan dan mengevaluasi dalam menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematik ddengan langkah-langkah Polya. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara pemberian tes kemampuan pemecahan masalah matematik dan sekaligus peserta didik diwawancarai untuk mengetahui keterampilan metakognisi pada saat memecahkan masalah matematik tersebut. Instrumen penelitian melibatkan peneliti sendiri sebagai indtrumen utama dan sebagai instrumen pendukungnya menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematik. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Manonjaya, subjek penelitian terdiri dari S-5, S-9 dan S-14 yang mengerjakan tes kemampuan pemecahan masalah matematik melalui semua langkah Polya. Hasil merencanakan, memonitor pelaksanaan dan mengevaluasi pada langkah memahami masalah. Keterampilan metakognisi pada langkah menyusun rencana, S-5 dan S-9 dapat merencanakan, memonitor pelaksana, dan mengevaluasi, sedangkan S-14 tidak dapat merencanakan dan memonitor pelaksanaan, akan tetapi S-14 dapat mengevaluasi pada saat menyusun rencana. Keterampilan metakognisi pada langkah melaksakan rencana, S-9 dapat merencanakan, memonitor pelaksanaan dan mengevaluasi, sedangkan S-5 dan S-14 tidak dapat merencanakan , S-5 dan S-14 dapat memonitor pelaksanaan, S-5 dan S-14 tidak dapat mengevaluasi pada saat melaksanakan rencana. Keterampilan metakognisi pada langkah memeriksa kembali S-5 dan S-9 dapat merencanakan, memonitor pelaksanaan dan mengevaluasi , sedangkan S-14 tidak dapat merencanakan, S-14 tidak dapat memonitor pelaksanaan, akan tetapi S-14 dapat mengevaluasi pada saat memeriksa kembali. Kata Kunci : Keterampilan Metakognisi, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik, Keterampilan Metakognisi dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 20 Feb 2023 02:05
Last Modified: 20 Feb 2023 02:05
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8682

Actions (login required)

View Item View Item