PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Survei pada Siswa Kelas X IPS SMAN 1 Ciawi Kabupaten Tasikmalaya)

Pirmansah, M. Haris (2019) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Survei pada Siswa Kelas X IPS SMAN 1 Ciawi Kabupaten Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 cover.pdf

Download (17kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (109kB)
[img] Text
3 KATA PENGANTAR dan daftar isi.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB II (Autosaved).pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (573kB)
[img] Text
BAB IV 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7kB)

Abstract

Fokus permasalahan terkait dengan masalah rendahnya prestasi belajar siswa di kelas X IPS SMAN 1 Ciawi Kabupaten Tasikmalaya, sedangkan tujuannya untuk mengetahui pengaruh fassilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di kelas X IPS SMAN 1 Ciawi Kabupaten Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode penelitian survey dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan penyebaran angket/kuisoner. Populasi sebanyak 132 siswa di kelas X IPS SMAN 1 Ciawi Kabupaten Tasikamalaya dan menggunakan sampel jenuh sehingga melibatkan semua populasi yaitu sebanyak 132 siswa. Teknik analisis data menggunakan bantuan program aplikasi IBM SPSS versi 23 yaitu Uji Prasyarat dan Uji Hipotesis dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari hasil uji t diperoleh t hitung untuk variabel fasilitas belajar lebih besar dari t tabel yaitu 5,991 > 1,9785 maka Ho ditolak. Artinya variabel fasilitas belajar secara parsial pengaruh terhadap prestasi belajar siswa dengan hasil koefesien determinasi sebesar 21,6% dan koefesien non determinasi sebesar 78,4%, selanjutnya hasil uji t variabel motivasi belajar diperoleh t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 6,822 > 1,9785 maka Ho ditolak. Artinya motivasi belajar juga secara parsial mempengaruhi prestasi belajar siswa dan hasil uji koefesien determinasi sebesar 26,4% dan uji koefesien non determinasi sebesar 74,6%. Hasil uji F simultan fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa diperoleh F hitung lebih besar dari F tabel yaitu 27,648 > 3,07 dan probabilitas nya < α yaitu 0,000 < 0,05 maka hipotesis diterima,, artinya faslitias belajar dan motivasi belajar berpengaruh secara simultan terhadap prestasi belajar siswa. Hasil koefesien determinasi sebesar 30% dan koefesien non determinasi sebesar 70%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 12 Sep 2019 01:23
Last Modified: 12 Sep 2019 01:23
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/868

Actions (login required)

View Item View Item