PENERAPAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN SELF REGULATED LEARNING PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN (studi eksperimen kelas X MIPA SMA 10 TASIKMALAYA ajaran 2021/2022)

Mulyani, Ayu (2023) PENERAPAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN SELF REGULATED LEARNING PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN (studi eksperimen kelas X MIPA SMA 10 TASIKMALAYA ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (79kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (143kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (221kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (243kB)
[img] Text
5. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf

Download (942kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR, UCAPAN TERIMAKASIH, DAFTAR ISI, DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (877kB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf

Download (8MB)
[img] Text
8. BAB 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. BAB 3.pdf

Download (8MB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (601kB)

Abstract

ABSTRAK AYU MULYANI 2022. Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Self Regulated Learning Pada Materi Perubahan Lingkungan ( Studi Eksperimen Di Kelas X MIPA SMA 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model creative proble solving untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan self regulated learning peserta didik pada materi perubahan lingkungan (studi eksperimen kelas X MIPA SMA 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas X MIPA sejumlah 6 kelas dengan jumlah peserta didik 186 orang dan sampel diambil secara non-probability berupa purposive sampling yaitu kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol sebanyak 33 peserta didik dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen sebanyak 32 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pernyataan berupa angket untuk memperoleh data keterampilan kolaborasi sebanyak 15 pernyataan dan data self regulated learning menggunakan intrumen angket yang terdiri atas 16 item pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANCOVA. Berdasarkan pengujian hipotesis ditemukan bahwa model creative prblem solving berpengaruh signifikan sebesar 0,000 atau nilai signifikansi <0,005 terhadap keterampilan kolaborasi dan self regulated learning. Pada hasil penelitian kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan kelas kontrol dilihat dari skor rata-rata yang dicapai pada self regulated learning dan keterampilan kolaborasi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model creative problem solving berpengaruh terhadap keterampilan kolaborasi dan self regulated learning di kelas X MIPA SMA 10 Tasikmalaya. Kata kunci : creative problem solving, keterampilan kolaborasi ,self regulated learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 16 Feb 2023 04:33
Last Modified: 16 Feb 2023 04:33
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8647

Actions (login required)

View Item View Item