ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL BERDASARKAN TAKSONOMI ANDERSON DAN KRATHWOHL DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

KHADIZAH, FARRAS AZZAHRA (2022) ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL BERDASARKAN TAKSONOMI ANDERSON DAN KRATHWOHL DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (86kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN,SURAT KET,PERNYATAAN KEASLIAN .pdf

Download (190kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI,TABEL,GAMBAR, LAMPIRAN.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (67kB)

Abstract

ABSTRAK FARRAS AZZAHRA KHADIZAH. 2022. Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Taksonomi Anderson dan Krathwohl Ditinjau Dari Gaya Kognitif.Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dialami peserta didik dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel ditinjau dari gaya kognitif peserta didik. Subjek yang diteliti adalah peserta didik kelas VIII di SMP IT ATTAUFIQ AL-ISLAMY. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes Group Embedded Figure Test (GEFT) untuk mengelompokan peserta didik kedalam gaya kognitif Field Independent (FI) dan gaya kognitif Field Dependent (FD), serta memberikan tes soal SPLDV berdasarkan Taksonomi Anderson dan Krathwohl. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian menggunakan teknik analisis data yang dikemukakan oleh Miles & Huberman yaitu data reduction, data display, dan conclusion. Simpulan yang di dapat adalah (1) Kesulitan yang dialami peserta didik dengan gaya kognitif Field Independent adalah kesulitan konsep dan prinsip. Peserta didik tidak mampu menggunakan informasi yang ada untuk menyusun rencana penyelesaian masalah yang tepat, belum sepenuhnya memahami konsep dan prinsip beserta aplikasinya pada soal. Pada Taksonomi Anderson dan Karthwohl peserta didik dengan gaya kognitig Field Independent telah mencapai tahapan C5 walaupun jawaban pada soal masih kurang tepat. 2) Kesulitan yang dialami peserta didik dengan gaya kognitif Field Dependent adalah kesulitan konsep dan prinsip. kesulitan konsep dan prinsip dimana peserta mengalami kebingungan dalam memahami soal, lupa dengan metode yang di ajarkan. Pada Taksonomi Anderson dan Karthwohl mampu menemukan jawaban tetapi dalam pengerjaannya peserta didik melihat pekerjaan temannya sehingga hanya mampu di tahap C3 saja. Kesulitan peserta didik dalam ini disebabkan karena pserta didik dengan gaya kognitif Field Dependent cenderung sangat tergantung pada sumber informasi, sehingga mereka lebih suka mengerjakan tugas secara berkelompok. Kemudian peserta didik mengalami keketika guru menerangakan cenderung tidak memperhatikan karena malas. Katakunci:Taksonomi Anderson dan Krathwohl, Gaya Kognitif, Kesulitan Menyelesaikan soal, Analisis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 17 Feb 2023 09:31
Last Modified: 17 Feb 2023 09:31
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8643

Actions (login required)

View Item View Item