PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi eksperimen di kelas X MIPA SMAN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

ARSYA, GHINA TSANIA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi eksperimen di kelas X MIPA SMAN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (15kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (227kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (681kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (670kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (938kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK GHINA TSANIA ARSYA .2022. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi eksperimen kelas X MIPA SMAN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023) Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi Kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan berpikir kritis pada peserta didik perlu dikembangkan, dalam mengupayakan hal tersebut maka dalam kegiatan pembelajaran perlu dibarengi dengan model pembelajaran double loop problem solving. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran double loop problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi keanekaragaman hayati di kelas X MIPA SMAN 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023, dengan populasi seluruh kelas X MIPA yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah total 183 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, dan kelas terpilih dari kelas X MIPA 4 berjumlah 37 siswa dan X MIPA 5 berjumlah 37 siswa. Instrumen yang digunakan penelitian ini terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah sebanyak 10 pertanyaan, dan keterampilan berpikir kritis sebanyak 12 pertanyaan. Data diolah dengan melakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas, uji homogenitas sedangkan uji hipotesis yang menggunakan uji one way ANOVA. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan ada pengaruh model pembelajaran double loop problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi keanekaragaman hayati di kelas X MIPA 4 SMAN 4 Tasikmalaya. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran double loop problem soving terhadap kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi keanekaragaman hayati di kelas X MIPA SMAN 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023 Kata kunci: Model pembelajaran double loop problem soving, kemampuan pemecahan masalah, keterampilan berpikir kritis dan keanekaragaman hayati

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 14 Feb 2023 07:33
Last Modified: 14 Feb 2023 07:33
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8578

Actions (login required)

View Item View Item