PENGARUH PEMAHAMAN FUNGSI TAMAN BACAAN MASYARAKAT TERHADAP LITERASI PADA WARGA BELAJAR PAKET C (Studi di PKBM Harapan Baru Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya)

Khafipah, Rima Nur (2023) PENGARUH PEMAHAMAN FUNGSI TAMAN BACAAN MASYARAKAT TERHADAP LITERASI PADA WARGA BELAJAR PAKET C (Studi di PKBM Harapan Baru Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (61kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (410kB)
[img] Text
2. abstrak.pdf

Download (13kB)
[img] Text
4. LEMBAR REVISI-DAPUS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB 1.pdf

Download (95kB)
[img] Text
6. BAB 2.pdf

Download (108kB)
[img] Text
7. BAB 3.pdf

Download (275kB)
[img] Text
8. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] Text
9. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[img] Text
11. LAMPIRAN-RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK RIMA NUR KHAFIPAH. 2022. PENGARUH PEMAHAMAN FUNGSI TAMAN BACAAN MASYARAKAT TERHADAP LITERASI PADA WARGA BELAJAR PAKET C (STUDI DI PKBM HARAPAN BARU KECAMATAN KAWALU KOTA TASIKMALAYA). Jurusan Pendidikan Masyarakat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Literasi merupakan sebuah kemampuan yang harus dimiliki oleh seseorang. Namun isu literasi di Indonesia masih menjadi perbincangan terutama dalam hal peningkatan literasi bagi masyarakat Indonesia. Beragam cara yang pemerintah lakukan untuk memfasilitasi masyarakat untuk bisa mengembangkan literasi salah satunya dengan mendirikan taman bacaan masyarakat atau yang dikenal juga dengan TBM. Namun nyatanya pemahaman warga belajar di PKBM Harapan Baru tentang fungsi utama taman bacaan masyarakat sebagai tempat peminjaman buku saja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemahaman fungsi taman bacaan masyarakat terhadap literasi warga belajar pada program kesetaraan paket C di PKBM Harapan Baru. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif kemudian teknik pengambilan data sampel menggunakan probability sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 49 warga belajar paket C. Hasil uji hipotesis analisis regresi linier sederhana dari penelitian ini menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai ini < 0,05 (5%) sehingga disimpulkan bahwa H0 ditolak, kemudian pemahaman fungsi taman bacaan masyarakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap literasi. Hasil uji analisis determinasi (R-square) diperoleh hasil sebesar 0,394 sehingga dengan demikian nilai kontribusi pemahaman fungsi taman bacaan masyarakat terhadap literasi sebesar 39,4% dan sisanya merupakan kontribusi dari variabel lain diluar penelitian ini. Nilai korelasi antara variabel pemahaman fungsi taman bacaan masyarakat terhadap literasi adalah sebesar 0,628 dan menunjukan korelasi yang kuat. Kemudian hasil analisis dari uji t menunjukan hubungan yang bersifat positif. Sehingga hasil dari penelitian ini mengungkap bahwa semakin warga belajar memahami fungsi TBM maka literasinya pun akan semakin baik. Kata Kunci: Literasi, Paket C, Taman Bacaan Masyarakat

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Feb 2023 00:37
Last Modified: 14 Feb 2023 00:37
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8526

Actions (login required)

View Item View Item