SISTEM KENDALI KECEPATAN MOTOR BLDC MENGGUNAKAN PI

Paryono, Ervan (2022) SISTEM KENDALI KECEPATAN MOTOR BLDC MENGGUNAKAN PI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (29kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (200kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (93kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN MENYERAHKAN.pdf

Download (209kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (71kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (65kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB)

Abstract

ABSTRAK Motor BLDC merupakan salah satu jenis motor sinkron. Dibandingkan motor DC konvensional, motor BLDC menggunakan perangkat electric commutation daripada mechanical commutation sehingga memiliki bandwidth kecepatan yang lebih tinggi Namun dibalik kelebihan tersebut, electric comutation ini mengakibatkan pengendalian disisi electric menjadi lebih kompleks. Oleh karena itu pada penelitian ini akan dilakukan perancangan sistem pengatur kecepatan motor BLDC. Selain itu ketika ada gannguan dari luar, kecepatan motor BLDC menjadi menurun. Oleh karena itu digunakan kendali PI untuk menghilangkan turunnya kecepatan. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa kecepatan naik secara linier dengan keberartian 97,78% dan kenaikan 10% duty cycle akan menaikan kecepatan sebesar 684.82 RPM dengan akurasi ± 2.22%. Motor BLDC yang diatur secara permanen pada duty cycle PWM 50%, menghasilkan kecepatan 4373 RPM. Saat diberi beban, kecepatan turun dari 4373 RPM menjadi 2815,84 RPM atau mengalami penurunan sebesar 35,61%. Kecepatan motor BLDC dapat kembali ke referensi kecepatan 4373 RPM dengan cara menggunakan kendali PI. Dapat disimpulkan bahwa metode Chien-Regulator yang terbaik dengan menghasilkan minimum error steady state = -1,01% dan maximum error steady state = 0,83% pada referensi kecepatan 4373 RPM. Kata Kunci: electric commutation, duty cycle, kendali PI, konverter buck, mechanical commutation, motor BLDC

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 10 Feb 2023 03:01
Last Modified: 10 Feb 2023 03:01
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8494

Actions (login required)

View Item View Item