PERANCANGAN KENDALI KECEPATAN MOTOR INDUKSI 3 FASA DENGAN VARIABLE FREQUENCYDRIVES MENGGUNAKAN KENDALI PID BERBASIS PLC

Wibowo, Rizky Budi (2022) PERANCANGAN KENDALI KECEPATAN MOTOR INDUKSI 3 FASA DENGAN VARIABLE FREQUENCYDRIVES MENGGUNAKAN KENDALI PID BERBASIS PLC. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (133kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (248kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (114kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN MENYERAHKAN.pdf

Download (242kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (14kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (75kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (23kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (490kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Rizky Budi Wibowo Program Studi : Teknik Elektro Judul : Perancangan Kendali Kecepatan Motor Induksi 3 Fasa dengan Variable Frequency Drives Menggunakan Kendali PID Berbasis PLC Proses industri seringkali melibatkan motor listrik dalam operasinya, dimana motor induksi merupakan salah satu motor listrik yang banyak diaplikasikan di industri, terutama untuk kendali kecepatan. Sulitnya kendali kecepatan motor induksi menjadi masalah utama, terlebih otomasi telah banyak diterapkan di industri. Kesalahan variabel terkontrol yang mungkin terjadi juga menjadi masalah lain ketika sistem kontrolnya tidak bersifat tertutup. Penelitian ini membahas bagaimana pengendalian kecepatan motor induksi 3 fasa yang dilakukan dengan mengendalikan Variable Frequency Drives (VFD) melalui kendali PID pada Programmable Logic Controls (PLC). PID berperan dalam mengendalikan besaran kecepatan yang harus disalurkan ke motor 3 fasa. Keluaran dari kendali PID dikirim ke VFD melalui komunikasi modbus serial untuk diproses berapa besaran frekuensi yang harus disuplai VFD ke motor. Umpan balik diperoleh dari fitur sensorless actual speed motor VFD yang dikirim ke PLC sebagai pembanding nilai setpoint kecepatan. Hasil pengujian tanpa kendali PID ketika tanpa beban, dihasilkan respon dengan rise time selama 0,464 s, settling time selama 0,928 s, dan 0% overshoot. Pada pengujian dengan kendali PID ketika tanpa beban, dihasilkan respon dengan rise time selama 0,464 s, settling time selama 1,082 s, dan 0% overshoot. Pada pengujian tanpa kendali PID ketika berbeban, kecepatan aktual berkurang 10 RPM (Rotational per Minutes). Pada pengujian dengan kendali PID ketika berbeban, dihasilkan respon dengan rise time selama 0,928 s, settling time selama 1,25 s, dan 6,08% overshoot. Ketika terjadi perubahan beban yang membuat kecepatan menjadi turun, PID memperbaiki kesalahan selama 1,094 s, dan ketika terjadi perubahan beban yang membuat kecepatan menjadi naik, PID memperbaiki kesalahan selama 1,25 s. Kata Kunci: Motor Induksi, PID, PLC, VFD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 10 Feb 2023 02:46
Last Modified: 10 Feb 2023 02:46
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8492

Actions (login required)

View Item View Item