ANALISA LALU LINTAS SIMPANG TAK BERSINYAL TERHADAP KINERJA RUAS JALAN PADA BUNDARAN BINOKASIH SUMEDANG

DARWIN, ZULFA SAUDAH (2022) ANALISA LALU LINTAS SIMPANG TAK BERSINYAL TERHADAP KINERJA RUAS JALAN PADA BUNDARAN BINOKASIH SUMEDANG. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (46kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (111kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (17kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (83kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (72kB)

Abstract

ABSTRAK Bundaran Binokasih merupakan salah satu bundaran penting di Kabupaten Sumedang, yang menghubungkan jalan antar Kabupaten dan menjadi salah satu jalan lintas Provinsi. Berdasarkan pengamatan secara visual, diketahui bahwa tingginya arus lalu lintas dari arah Barat dan Utara yang melewati bundaran ini dapat menyebabkan terjadinya kemacetan. Dari kondisi ini dibutuhkan penelitian untuk mengetahui kinerja bundaran pada kondisi eksisting dan masa mendatang. Adapun dalam penelitian ini dilakukan survei volume arus lalu lintas yang dilakukan selama enam belas hari pada saat waktu puncak dan pengambilan data geometri bundaran yang dilakukan pada malam hari, selanjutnya dilakukan analisis menggunakan metode perhitungan dari Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI, 1997) untuk mengetahui besarnya nilai kapasitas, nilai derajat kejenuhan, nilai tundaan, dan besarnya peluang antrian yang terjadi di Bundaran Binokasih. Hasil analisis kinerja bundaran kondisi eksisting menunjukkan bahwa arus terbesar terjadi pada hari Sabtu 18 Juni 2022 pukul 16:00-17:00 WIB dengan nilai kapasitas jalinan AB = 5455 smp/jam, jalinan BC = 4878 smp/jam, jalinan CD = 5398 smp/jam, jalinan DA = 5308 smp/jam. Nilai derajat kejenuhan jalinan AB = 0,396, jalinan BC = 0,289, jalinan CD = 0,253, jalinan DA = 0,317. Nilai tundaan bundaran rata-rata sebesar 6,71 det/smp dengan tingkat pelayanan B. Peluang antrian bundaran terjadi antara 4,1%-8,6%. Sedangkan untuk kinerja bundaran 5 tahun mendatang terjadi perubahan nilai pada tiap bagian jalinan dengan nilai derajat kejenuhan pada jalinan AB = 0,426, jalinan BC = 0,311, jalinan CD = 0,273, jalinan DA = 0,342. Nilai tundaan bundaran rata-rata sebesar 6,917 det/smp dengan tingkat pelayanan B. Peluang antrian bundaran terjadi antara 4,6%-9,6%. Kata kunci: Analisis bundaran, Derajat kejenuhan, Tundaan, Peluang antrian

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 09 Feb 2023 07:12
Last Modified: 09 Feb 2023 07:12
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8475

Actions (login required)

View Item View Item