PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Islam Cipasung Tahun Ajaran 2018/2019)

ALIFFA TUDDIYANAH, DINA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Islam Cipasung Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (17kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (116kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (190kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (210kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (363kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle 7E terhadap motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik pada konsep sistem ekskresi pada manusia di kelas XI MIPA SMA Islam Cipasung Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2018 sampai Mei 2019 di SMA Islam Cipasung kabupaten Tasikmalaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah true experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA SMA Islam Cipasung sebanyak lima kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 157 orang. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yang diambil secara cluster random yaitu kelas XI MIPA 4 sebanyak 30 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA 5 sebanyak 30 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yaitu angket motivasi belajar ARCS dan tes hasil belajar. Angket motivasi belajar ARCS terdiri dari 36 pernyataan dengan lima options dan tes hasil belajar terdiri dari 32 soal berupa multiple choice dengan lima options. Teknik analisis data pretest-posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan uji Ancova dengan taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran learning cycle 7E terhadap motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik pada konsep sistem ekskresi pada manusia di kelas XI MIPA SMA Islam Cipasung tahun ajaran 2018/2019. Hasil penelitian ini yaitu model pembelajaran learning cycle 7E dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik. Kata kunci: Learning cycle 7E, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 10 Sep 2019 03:42
Last Modified: 10 Sep 2019 03:42
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/846

Actions (login required)

View Item View Item