ALIFFA TUDDIYANAH, DINA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Islam Cipasung Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (17kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (116kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (190kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (10kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (210kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (363kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (775kB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle 7E terhadap motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik pada konsep sistem ekskresi pada manusia di kelas XI MIPA SMA Islam Cipasung Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2018 sampai Mei 2019 di SMA Islam Cipasung kabupaten Tasikmalaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah true experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA SMA Islam Cipasung sebanyak lima kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 157 orang. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yang diambil secara cluster random yaitu kelas XI MIPA 4 sebanyak 30 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA 5 sebanyak 30 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yaitu angket motivasi belajar ARCS dan tes hasil belajar. Angket motivasi belajar ARCS terdiri dari 36 pernyataan dengan lima options dan tes hasil belajar terdiri dari 32 soal berupa multiple choice dengan lima options. Teknik analisis data pretest-posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan uji Ancova dengan taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran learning cycle 7E terhadap motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik pada konsep sistem ekskresi pada manusia di kelas XI MIPA SMA Islam Cipasung tahun ajaran 2018/2019. Hasil penelitian ini yaitu model pembelajaran learning cycle 7E dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik. Kata kunci: Learning cycle 7E, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 10 Sep 2019 03:42 |
Last Modified: | 10 Sep 2019 03:42 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/846 |
Actions (login required)
View Item |