ANALISIS METAKOGNISI PESERTA DIDIK DALAM KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK BERDASARKAN GENDER

LIA SITI NURJANAH, DEDE (2019) ANALISIS METAKOGNISI PESERTA DIDIK DALAM KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK BERDASARKAN GENDER. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER, DLL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (649kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (579kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis proses metakognisi peserta didik laki-laki dan perempuan di Mts Negeri 3 Tasikmalaya dalam pemecahan masalah matematik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pemilihan subjek dilakukan dengan purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan pemecahan masalah matematik, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Instrumen yang digunakan peneliti, tes kemampuan pemecahan masalah matematik dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Proses metakognisi S25 dan S21 melakukan proses yang sama yaitu melakukan pengulangan, pembelajaran bermakna, pengorganisasian, elaborasi, perencanaan (planning). Kemudian memonitor (monitoring) pelaksanaan, sehingga dapat mengevaluasi (evaluating) tindakan. Proses metakognisi S5 melakukan perencanaan (planning) pengulangan, pengorganisasian, menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan, menentukan tujuan, pelaksanaan rencana penyelesaian, S5 memonitor (monitoring) tindakan, menganalisis kesesuaian pelaksanaan dengan rencana penyelesaian, mengecek kembali kebenaran langkah. Proses metakognisi S2 pembelajaran bermakna, pengulangan, pengorganisasian, kemudian proses perencanaan (planning), mengelaborasi, memonitor (monitoring) tindakan, mengevaluasi (evaluating) tindakan mengecek kelebihan dan kekurangan dalam mengerjakan, memperhatikan cara kerja sendiri, membuat kesimpulan. Proses metakognisi S23 perencanaan (planning) menuliskan apa yang diketahui, pengulangan, pengorganisasian, mengerjakan soal dan selalu mengecek kebenaran langkah dalam memonitor tindakan (monitoring), mengecek kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaan, mengevaluasi (evaluating) tindakan. Proses metakognisi S22 melakukan pembelajaran bermakna, perencanaan (planning) menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan, memperoleh rencana penyelesaian, mengetahui menggunakan notasi. Memonitor (monitoring) tindakan meyakini jalan yang dipilihnya benar, selalu mengecek kembali kebenaran langkah, mampu melihat cara yang berbeda dalam menyelesaikan soal, dalam mengevaluasi (evaluating) tindakan S22 mengecek kelebihan dan kekurangan yang telah dilakukannya. Kata kunci: Gender, Kemampuan pemecahan masalah matematik, Proses metakognisi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 10 Sep 2019 03:37
Last Modified: 10 Sep 2019 03:37
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/842

Actions (login required)

View Item View Item