PENGARUH SELF EFFICACY DAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Survey Terhadap Peserta Didik Kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 1 Ciawi Tahun Ajaran 2022/2023)

SANDRA, SASKIA DWI (2022) PENGARUH SELF EFFICACY DAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Survey Terhadap Peserta Didik Kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 1 Ciawi Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (47kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (185kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (198kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (76kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (73kB)
[img] Text
8. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (155kB)
[img] Text
9. BAB 1.pdf

Download (137kB)
[img] Text
10. BAB 2.pdf

Download (189kB)
[img] Text
11. BAB 3.pdf

Download (371kB)
[img] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Saskia Dwi Sandra. 2022. Skripsi. Pengaruh Self Efficacy dan Self Regulated Learning Terhadap Motivasi Belajar Serta Implikasinya Terhadap Prestasi Belajar (Survei Terhadap Peserta Didik Kelas XI IPS Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 1 Ciawi Tahun Ajaran 2022/2023). Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Di bawah bimbingan Dra. Hj. Heti Suherti, M.M dan Betanika Nila Nirbita, M.Pd. Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self efficacy dan self regulated learning terhadap motivasi belajar serta implikasinya terhadap prestasi belajar. Penelitian termasuk kedalam penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey dengan desain explanatory. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas XI IPS yang berjumlah 140 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh sehingga semua populasi dijadikan sampel. Data diperoleh dari penyebaran angket dan dianalisis menggunakan analisis jalur (Path Analysis) dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian dari pengaruh langsung menunjukkan self efficacy berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap motivasi belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, self regulated learning berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap motivasi belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, self efficacy berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,041, self regulated learning berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,045, motivasi belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,040. Kemudian hasil penelitian dari pengaruh tidak langsung menunjukkan self efficacy berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar dengan nilai thitung 2,333 > ttabel 1,977, self legulated learning berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar dengan nilai thitung 4,484 > ttabel 1,977. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu self efficacy dan self regulated learning berpengaruh terhadap prestasi belajar dan secara tidak langsung terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar. Kata Kunci: Self Efficacy, Self Regulated Learning, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 10 Feb 2023 00:32
Last Modified: 10 Feb 2023 00:32
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8401

Actions (login required)

View Item View Item