HUBUNGAN MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI POLIKLINIK PSIKIATRIK/POLI JIWA PADA INSTALASI RAWAT JALAN RSUD dr. SOEKARDJO KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2022

HUTAMA, BARUNA SATRIA (2022) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI POLIKLINIK PSIKIATRIK/POLI JIWA PADA INSTALASI RAWAT JALAN RSUD dr. SOEKARDJO KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2022. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVAR.pdf

Download (46kB)
[img] Text
4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (59kB)
[img] Text
3. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (33kB)
[img] Text
7. HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (33kB)
[img] Text
9. ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
8. KATA PENGANTAR.pdf

Download (65kB)
[img] Text
10. DAFTAR ISI.pdf

Download (8kB)
[img] Text
11. DAFTAR TABEL.pdf

Download (7kB)
[img] Text
12. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (2kB)
[img] Text
13. BAB 1.pdf

Download (43kB)
[img] Text
14. BAB II.pdf

Download (47kB)
[img] Text
15. BAB III.pdf

Download (241kB)
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
`17. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] Text
18. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (74kB)

Abstract

FAKULTAS KESEHATAN UNIVERSITAS SILIWANGI TASIKMALAYA PEMINATAN AKK 2022 ABSTRAK HUBUNGAN MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI POLIKLINIK PSIKIATRIK/POLI JIWA PADA INSTALASI RAWAT JALAN RSUD dr. SOEKARDJO KOTA TASIKMALAYA Mutu pelayanan rumah sakit mempunyai dua komponen diantaranya pemenuhan terhadap standar mutu yang ditetapkan dan pemenuhan kepuasan pelanggan. Metode yang digunakan deskriptif analitik dengan desain penelitian cross sectional. Populasi penelitian ini adalah orang yang sedang berobat di Poliklinik Psikiatrik/Poli Jiwa pada instalasi rawat jalan RSUD dr. Soekardjo Tasikmalaya dengan sampel 258 orang. Teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data diambil dengan kuesioner melalui wawancara langsung. Analisis data yang dilakukan analisis univariat dan bivariat dengan uji normalitas pada data tersebut menggunakan uji korelasi rank spearman. Jawaban sebagian besar responden berada direntang usia 45-65 (40,7%), pendidikan SMA (52,3%), pekerjaan buruh (32,6%). Hasil uji normalitas diketahui keseluruhan hasil data berdistribusi tidak normal nilai signififikasinya kurang dari 0,05 maka menggunakan uji koefisien rank spearman. Hasil korelasi koefisien hubungan responsiveness dengan kepuasan pasien (responsiveness) sebesar 0,888, hubungan tangible dengan kepuasan pasien (tangible) sebesar 0,342, hubungan realibillity dengan kepuasan pasien (reliability) sebesar 0,209, hubungan assurance dengan kepuasan pasien (assurance) sebesar 0,271, hubungan empathy dengan kepuasan pasien (empathy) sebesar 0,598. Hasil uji koefisien korelasi rank spearman pada responsiveness, tangible, assurance diperoleh nilai sig (2tailed) adalah 0,000 pada reliability adalah 0,001 dan pada empathy adalah 0,033, maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara 5 dimensi mutu pelayanan dengan kepuasan pasien. Saran bagi rumah sakit guna meningkatkan mutu pelayanan diantaranya mengatur jadwal pelayanan pasien dengan detail agar pasien tidak terlalu lama menunggu dan pasien tidak menumpuk dalam waktu yang bersamaan, berkoordinasi dengan farmasi terkait obat-obatan agar tidak kekurangan persediaan, berkoordinasi dengan divisi rumah tangga terkait alat-alat kesehatan agar pasien bisa menerima pelayanan dengan baik, petugas kesehatan lebih melakukan pendekatan terhadap pasien agar mereka lebih peka dan paham terhadap apa yang disampaikan oleh petugas. Kata Kunci: Rumah Sakit, Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 08 Feb 2023 02:21
Last Modified: 08 Feb 2023 02:21
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8386

Actions (login required)

View Item View Item