HUTAMA, BARUNA SATRIA (2022) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI POLIKLINIK PSIKIATRIK/POLI JIWA PADA INSTALASI RAWAT JALAN RSUD dr. SOEKARDJO KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2022. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1. COVAR.pdf Download (46kB) |
![]() |
Text
4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (59kB) |
![]() |
Text
3. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
7. HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
9. ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
8. KATA PENGANTAR.pdf Download (65kB) |
![]() |
Text
10. DAFTAR ISI.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
11. DAFTAR TABEL.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
12. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (2kB) |
![]() |
Text
13. BAB 1.pdf Download (43kB) |
![]() |
Text
14. BAB II.pdf Download (47kB) |
![]() |
Text
15. BAB III.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text
16. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
![]() |
Text
`17. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
![]() |
Text
18. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
![]() |
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (74kB) |
Abstract
FAKULTAS KESEHATAN UNIVERSITAS SILIWANGI TASIKMALAYA PEMINATAN AKK 2022 ABSTRAK HUBUNGAN MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI POLIKLINIK PSIKIATRIK/POLI JIWA PADA INSTALASI RAWAT JALAN RSUD dr. SOEKARDJO KOTA TASIKMALAYA Mutu pelayanan rumah sakit mempunyai dua komponen diantaranya pemenuhan terhadap standar mutu yang ditetapkan dan pemenuhan kepuasan pelanggan. Metode yang digunakan deskriptif analitik dengan desain penelitian cross sectional. Populasi penelitian ini adalah orang yang sedang berobat di Poliklinik Psikiatrik/Poli Jiwa pada instalasi rawat jalan RSUD dr. Soekardjo Tasikmalaya dengan sampel 258 orang. Teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data diambil dengan kuesioner melalui wawancara langsung. Analisis data yang dilakukan analisis univariat dan bivariat dengan uji normalitas pada data tersebut menggunakan uji korelasi rank spearman. Jawaban sebagian besar responden berada direntang usia 45-65 (40,7%), pendidikan SMA (52,3%), pekerjaan buruh (32,6%). Hasil uji normalitas diketahui keseluruhan hasil data berdistribusi tidak normal nilai signififikasinya kurang dari 0,05 maka menggunakan uji koefisien rank spearman. Hasil korelasi koefisien hubungan responsiveness dengan kepuasan pasien (responsiveness) sebesar 0,888, hubungan tangible dengan kepuasan pasien (tangible) sebesar 0,342, hubungan realibillity dengan kepuasan pasien (reliability) sebesar 0,209, hubungan assurance dengan kepuasan pasien (assurance) sebesar 0,271, hubungan empathy dengan kepuasan pasien (empathy) sebesar 0,598. Hasil uji koefisien korelasi rank spearman pada responsiveness, tangible, assurance diperoleh nilai sig (2tailed) adalah 0,000 pada reliability adalah 0,001 dan pada empathy adalah 0,033, maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara 5 dimensi mutu pelayanan dengan kepuasan pasien. Saran bagi rumah sakit guna meningkatkan mutu pelayanan diantaranya mengatur jadwal pelayanan pasien dengan detail agar pasien tidak terlalu lama menunggu dan pasien tidak menumpuk dalam waktu yang bersamaan, berkoordinasi dengan farmasi terkait obat-obatan agar tidak kekurangan persediaan, berkoordinasi dengan divisi rumah tangga terkait alat-alat kesehatan agar pasien bisa menerima pelayanan dengan baik, petugas kesehatan lebih melakukan pendekatan terhadap pasien agar mereka lebih peka dan paham terhadap apa yang disampaikan oleh petugas. Kata Kunci: Rumah Sakit, Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 08 Feb 2023 02:21 |
Last Modified: | 08 Feb 2023 02:21 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8386 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |