PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS GAME EDUKASI PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL TERINTEGRASI KEISLAMAN

FATIMAH, SITI (2022) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS GAME EDUKASI PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL TERINTEGRASI KEISLAMAN. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1,. Cover.pdf

Download (82kB)
[img] Text
3. Lembar Pengesahan.pdf

Download (359kB)
[img] Text
2. Abtrak.pdf

Download (124kB)
[img] Text
4. Kata Pengntar & Daftar Isi.pdf

Download (578kB)
[img] Text
5. Bab 1.pdf

Download (137kB)
[img] Text
6. Bab 2.pdf

Download (865kB)
[img] Text
7. Bab 3.pdf

Download (347kB)
[img] Text
8. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
9. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (235kB)
[img] Text
11. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK SITI FATIMAH. 2022. PENGEMBANGAN MODUL MATEMTIKA BERBASIS GAME EDUKASI PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL TERINTEGRASI KEISLAMAN. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul matematika cetak berbasis game edukasi pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) terintegrasi keislaman yang di desain secara digital dengan berbantuan Canva.. Metode yang digunakan yaitu metode Research & Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tidak terstruktur dan penyebaranangket. Instrumen penelitian yang digunakan yakni lembar validasi instrumen, lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli instruksional modul dan angket respon peserta didik. Sumber data penelitian terdiri dari empat orang ahli materi bidang matematika, satu orang ahli materi bidang keislaman, satu orang ahli instruksional modul dan respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil daripenelitian ini adalah modul matematika cetak yang memuat konten game edukasi pada mtaeri SPLTV dilengkapi dengan integrasi keislaman. Kelayakan modul yang dikembangkan berdasarkan hasil validasi ahli materi bidang Matematika, validasi ahli materi bidang keislaman, dan berdasarkan hasil validasiahli instruksional modul menunjukkan kriteria validitas “Sangat Layak”. Sedangkan respon peserta didik terhadap modul yang telah dikembangkan memenuhi kriteria “Sangat Positif” dengan presentase 83%. Maka dapat disimpulkan bahwa modul matematika berbasis game edukasi pada materi SPLTV terintegrasi keislaman sangat layak digunakan dengan respon peserta didik yang sangat positif. Kata kunci: pengembangan modul matematika, game edukasi, SPLTV, keislaman.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 06 Feb 2023 08:11
Last Modified: 06 Feb 2023 08:11
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8340

Actions (login required)

View Item View Item