PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS NARASI (CERITA FANTASI) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 13 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)

Aisah, Noviyanti (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS NARASI (CERITA FANTASI) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 13 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (19kB)
[img] Text
3. Lembar Pengesahan.pdf

Download (932kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (55kB)
[img] Text
4. Kata Pengantar & Daftar Isi.pdf

Download (157kB)
[img] Text
5. Bab 1.pdf

Download (177kB)
[img] Text
6. Bab 2.pdf

Download (393kB)
[img] Text
7. Bab 3.pdf

Download (276kB)
[img] Text
8. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)
[img] Text
9. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] Text
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (56kB)
[img] Text
11. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Noviyanti Aisah. 2022. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Unsurunsur dan Menceritakan Kembali Isi Teks Narasi (Cerita Fantasi) dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 13 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik. Pada kenyataannya masih terdapat peserta didik yang belum mencapai SKBM yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan dapat atau tidaknya model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) pada peserta didik kelas VII SMPN 13 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Metode yang dipakai dalam penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu observasi, wawancara, dan tes. Berdasarkan hasil pengolahan nilai. Pada siklus I aspek pengetahuan, peserta didik yang telah mencapai SKBM sebanyak 21 orang (66%) dan peserta didik yang belum mencapai SKBM sebanyak 11 orang (34%). Pada siklus II 100% peserta didik telah mencapai SKBM. Sedangkan pada siklus I aspek keterampilan, peserta didik yang telah mencapai SKBM sebanyak 20 orang (62%) dan peserta didik yang belum mencapai SKBM sebanyak 12 orang (38%). Pada siklus II 100% peserta didik telah mencapai SKBM. Pada tahap pengolahan data, dilakukan uji normalitas data. Hasilnya menunjukan data yang diperoleh berdistribusi tidak normal. Sehingga pengolahan data dilanjutkan ke uji wilcoxon dan diperoleh hasil W hitung (0) < dari W tabel (0,05) (159,98). Hal ini menunjukan perbedaan yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Artinya, model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) pada peserta didik kelas VII SMPN 13 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022. Dengan kata lain, hipotesis penulis dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 07 Feb 2023 00:59
Last Modified: 07 Feb 2023 00:59
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8327

Actions (login required)

View Item View Item