PENGARUH E-MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI (Studi Kuasi Eksperimen di Kelas X SMA Negeri 3 Kota Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2021/2022)

NURMAHMUDDIN, ARIQ (2022) PENGARUH E-MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI (Studi Kuasi Eksperimen di Kelas X SMA Negeri 3 Kota Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2021/2022). Sarjana thesis, UniversitasSiliwangi.

[img] Text
Cover_182153050_ARIQ NURMAHMUDDIN (1)-1.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan_182153050_ARIQ NURMAHMUDDIN (1)-2.pdf

Download (161kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan_182153050_ARIQ NURMAHMUDDIN (1)-3.pdf

Download (33kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan_182153050_ARIQ NURMAHMUDDIN (1)-4.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Abstrak_182153050_ARIQ NURMAHMUDDIN (1)-5-6.pdf

Download (369kB)
[img] Text
Ucapan Terima Kasih_182153050_ARIQ NURMAHMUDDIN (1)-8-9.pdf

Download (127kB)
[img] Text
Kata Pengantar_182153050_ARIQ NURMAHMUDDIN (1)-7.pdf

Download (228kB)
[img] Text
Bab 1 Pendahuluan_182153050_ARIQ NURMAHMUDDIN (1)-16-22.pdf

Download (293kB)
[img] Text
Bab 2 Tinjauan Teoretis_182153050_ARIQ NURMAHMUDDIN (1)-23-43.pdf

Download (493kB)
[img] Text
Bab 3 Prosedur Penelitian_182153050_ARIQ NURMAHMUDDIN (1)-44-62.pdf

Download (472kB)
[img] Text
Bab 4 Hasil penelitian dan Pembahasan_182153050_ARIQ NURMAHMUDDIN (1)-63-82.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (717kB)
[img] Text
Bab 5 Simpulan dan Saran_182153050_ARIQ NURMAHMUDDIN (1)-83-84.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] Text
Daftar Isi, Tabel, Gambar, Lampiran_182153050_ARIQ NURMAHMUDDIN (1)-10-15.pdf

Download (692kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_182153050_ARIQ NURMAHMUDDIN (1)-85-88.pdf

Download (405kB)
[img] Text
Lampiran_182153050_ARIQ NURMAHMUDDIN (1)-89-195.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Ariq Nurmahmuddin. 2022. PENGARUH E-MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI Penggunaan e-modul berbasis model pembelajaran guided inquiry pada materi usaha dan energi dipilih dengan tujuan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertolak dari keadaan di SMA Negeri 3 Kota Tasikmalaya yang masih menggunakan media pembelajaran berupa buku teks dan sesekali menggunakan modul cetak sehingga tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik masih rendah. Metode pembelajaran yang digunakan masih dengan metode direct instruction sehingga peserta didik masih terbilang pasif dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini yaitu quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 3 Kota Tasikmalaya dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan terpilih kelas eksperimen di X MIPA 7 dan kelas kontrol di X MIPA 8. Untuk mengukur keterampilan berpikir kritis dilakukan tes sebelum perlakuan (pretest) dan tes setelah diberi perlakuan (posttest) berbentuk soal uraian dengan jumlah soal 10 butir pada materi usaha dan energi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi (

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 03 Feb 2023 07:29
Last Modified: 03 Feb 2023 07:29
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8289

Actions (login required)

View Item View Item