ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK MENURUT WATSON DALAM MENYELESAIKAN SOAL KEMAMPUAN SPASIAL PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

KAROMAH, ZULFATUL (2019) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK MENURUT WATSON DALAM MENYELESAIKAN SOAL KEMAMPUAN SPASIAL PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover, lembar pengesahan, pernyataan, abstrak, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel daftar gambar,.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (83kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (112kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan spasial peserta didik dan kesalahan dalam menyelesaikan soal pada peserta didik menurut Watson. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualiatatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan spasial dan wawancara. Intrumen penelitiannya soal tes kemampuan spasial, subjek penelitiannya 3 orang peserta didik yang dipilih secara purposive dari kelas VIII B SMPN 1 Selaawi. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa ketiga subjek dalam karakteristik pemecahan masalah hanya menyelesaikan soal dengan menggunakan satu cara dan mengalami kesalahan kesimpulan hilang. S6 dalam karakteristik pengimajinasian masih keliru sehingga mengalami kesalahan selain ketujuh kategori diatas selain itu, S6 dalam karakterisik pengkonsepan masih keliru dalam langkah pengerjaan dan perhitungan sehingga mengalami kesalahan data hilang, masalah hirarki keterampilan, manipulasi tidak langsung dan selain ketujuh kategori diatas. S10 dalam karakteristik pengimajinasian masih keliru sehingga mengalami kesalahan data tidak tepat selain itu, S10 dalam karakteristik pengkonsepan masih keliru dalam langkah pengerjaan dan perhitungan sehingga mengalami kesalahan masalah hirarki keterampilan dan data hilang. S13 dalam karakteristik pencarian pola hanya mencari pola dengan satu cara dan mengalami kesalahan masalah hirarki keterampilan sedangkan pada S6 tidak menuliskan cara dalam mencari pola sehingga mengalami kesalahan data hilang dan manipulasi tidak langsung. S10 dalam karakteristik pencarian pola hanya mencari pola dengan satu cara dan masih keliru dalam langkah pengerjaan dan perhitungan sehingga S10 mengalami kesalahan prosedur tidak tepat, data tidak tepat, dan manipulasi tidak langsung. Penyebab terjadinya kesalahan dalam menyelesaikan soal kebanyakan karena kecerobohan dan tak banyak pula yang kurang memahami konsep. Kata kunci: Kesalahan, Kemampuan Spasial, Watson

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 10 Sep 2019 03:18
Last Modified: 10 Sep 2019 03:18
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/828

Actions (login required)

View Item View Item