ANALISIS PROSES BERPIKIR MASON DAN KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

NUPUS, DISA ZAKIATUN (2022) ANALISIS PROSES BERPIKIR MASON DAN KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (83kB)
[img] Text
3. Lembar Pengesahan.pdf

Download (174kB)
[img] Text
4. Surat Keterangan.pdf

Download (164kB)
[img] Text
5. Surat Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah.pdf

Download (223kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (103kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf

Download (314kB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf

Download (97kB)
[img] Text
8. BAB 2.pdf

Download (348kB)
[img] Text
9. BAB 3.pdf

Download (167kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK DISA ZAKIATUN NUPUS. 2022. Analisis Proses Berpikir Mason dan Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir peserta didik yang mengalami kesalahan berdasarkan Mason dan kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian menggunakan metode kualitatif-deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIID SMPN 7 Tasikmalaya. Subjek dipilih berdasarkan teknik purposive dengan cara eksplorasi yaitu tiga peserta didik yang dianggap paling memenuhi tiga pertimbangan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen penelitian ini yaitu peneliti sebagai instrumen utama dan soal tes uraian. Teknik analisis yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Proses berpikir peserta didik dalam menyelesaikan soal sampai tiga tahapan menurut Mason yaitu S6, S9, dan S14 pada tahap entry memperoleh informasi yang terdapat dari soal dan memilih elemen yang perlu dimisalkan, pada tahap ini terdapat proses specializing. Pada tahap attack S6 dan S9 merumuskan dan mencoba rencana penyelesaian dengan metode eliminasi, sedangkan S14 merumuskan dan mencoba rencana penyelesaian dengan metode gabungan, pada tahap ini S6, S9, dan S14 terdapat proses generalizing, conjecturing, dan convincing. Pada tahap review S6 dan S9 mengecek perhitungan sedangkan S14 mengecek ketepatan alasan pada langkah penyelesaian, kemudian pada tahap ini S6, S9, dan S14 merefleksi ide penyelesaian dan mencari cara penyelesaian lain. (2) S6 melakukan kesalahan prosedural yaitu ketidaksesuaian langkah penyelesaian soal diperintahkan dengan langkah penyelesaian yang dilakukan oleh peserta didik. S9 melakukan kesalahan konseptual yaitu benar dalam memilih rumus namun tidak dapat menerapkan rumus tersebut dengan benar. S14 melakukan kesalahan teknik yaitu salah dalam menghitung nilai dari suatu operasi hitung dan salah dalam penulisan. Kata Kunci: Proses Berpikir Mason, Kesalahan, SPLD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 02 Feb 2023 04:53
Last Modified: 02 Feb 2023 04:53
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8251

Actions (login required)

View Item View Item