EVALUASI KINERJA PELAYANAN TERMINAL TIPE A (STUDI KASUS TERMINAL MANDALA KABUPATEN LEBAK-BANTEN)

NABHANI, EGA RAIS (2021) EVALUASI KINERJA PELAYANAN TERMINAL TIPE A (STUDI KASUS TERMINAL MANDALA KABUPATEN LEBAK-BANTEN). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
TA_EGA RAIS NABHANI_177011075.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

EVALUASI KINERJA PELAYANAN TERMINAL TIPE A (STUDI KASUS TERMINAL MANDALA KABUPATEN LEBAK-BANTEN) Ega Rais Nabhani 1), Nina Herlina 2), Hendra 3) Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Siliwangi Jl. Siliwangi No. 24 Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia email: eganabhani@gmail.com Abstrak Terminal Mandala merupakan terminal penumpang tipe A yang berada di Kabupeten Lebak-Banten. Berfungsi Untuk Melayani Angkuktan Kota Antar Propinsi (AKAP), Angkutan Kota Dalam Propinsi (AKDP), Angkutan Kota (AK), dan Angkuta Desa (AD). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kinerja pada pelayanan terminal mandala. Mengetahui kepuasan dan harapan dari pengguna jasa terhadap pelayanan pada fasilitas yang tersedia dengan melihat kelengkapan fasilitas di Terminal Mandala Kabupaten Lebak berdasarkan Peraturan Mentri No 40 Tahun 2015 khususnya mengenai fasilitas utama maupun fasilitas penunjang. Menganalisis atribut dalam variabel kinerja pelayanan Terminal Mandala terhadap kepuasan menggunakan metode IPA (importance perfomance analysis). Waktu penelitian dilakukan pada jam sibuk pengguna jasa terminal pada jam 07.30-11.00 dan 13.00-15.30. Survei fasilitas terminal dan kuisioner terhadap pengguna jasa terminal (penumpang sebanyak 86 orang). Dari hasil penelitian didapatkan nilai 59,38% dengan kategori nilai C (cukup) dalam tingkat kinerja pelayanan Terminal Mandala mununjukan bahwa pengguna jasa Terminal Mandala cukup puas pada kinerja pelayanan yang diberikan. Nilai tingkat kepuasan digambarkan dalam diagram kartesius untuk menujukan prioritas yang di utamakan dalam pelayanan adalah fasilitas keselamatan jalan, ruang perbaikan ringan kelayakan kendaraan umum, ruang tunggu, media informasi pelayanan, fasilitas pelayanan informasi, tempat parkir kendaraan umum dan kendaraan pribadi. Kata kunci: Terminal Mandala, Kinerja Pelayanan Terminal, Tingkat Kepuasan, IPA 1)Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Siliwangi 2)Dosen Pembimbing 1 Tugas Akhir 3) Dosen Pembimbing 2 Tugas Akhir

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 01 Feb 2023 15:50
Last Modified: 01 Feb 2023 15:50
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8233

Actions (login required)

View Item View Item